Find Us On Social Media :

Rusia Jadi 1 dari 3 Negara di Dunia yang Secara Militer Dianggap Paling Sulit Ditaklukkan

By Mentari DP, Selasa, 22 Mei 2018 | 14:15 WIB

Intisari-Online.com -  Sejumlah negara di dunia dianggap amat sulit untuk ditaklukkan secara militer, salah satunya Rusia.

Harian terbitan Swedia, Svenska Dagbladet, menyebut menyerbu Rusia akan menjadi mimpi buruk bagi militer negara mana pun karena kondisi geografis dan luas wilayahnya.

Berdasarkan kriteria itu, harian Swedia itu mengatakan negara mana saja yang berniat menyerbut Rusia harus mempersiapkan diri menghadapi kondisi geografis yang beragam selain militernya yang kuat.

"Negara penyerbu akan menghadapi pegunungan yang terpencil, rawa-rawa yang tak bisa ditembus, tundra membeku, sungai berarus deras, dan hutan-hutan lebat khas Rusia," papar artikel tersebut.

Baca juga: Spetsgruppa A, Pasukan Khusus yang Sekaligus Mesin Pembunuh Rusia Paling Brutal, Kemampuannya Melebihi Spetsnaz

Selain itu, kondisi cuaca yang ekstrem di musim panas dan dingin, menjadi tantangan tambahan bagi militer penyerbu.

Jika pasukan penyerbu bisa mengatasi kondisi alam, maka lawan yang dihadapi selanjutnya adalah rakyat Rusia sendiri.

"Mereka sudah ribuan tahun tertempa dalam perang besar dan gerilya. Mereka sudah amat berpengalaman," lanjut artikel tersebut.

Artikel yang ditulis Svenska Dagbladet itu telah dibuktikan sejarah.

Sejak terbentuk pada abad ke-15, Rusia belum pernah sekali pun takluk di tangan negara asing.

Rusia pernah mengalahkan kekuatan-kekuatan besar dunia yang menyerbu negeri itu antara lain pasukan Perancis pimpinan Napoleon pada 1812.

Rusia juga mematahkan invasi Nazi Jerman pada 1941-1945. Baik Prancis maupun Jerman merupakan kekuatan adi daya di masanya masing-masing.

Baca juga: Misteri Penyihir Grigori Rasputin, 'Orang Bejat' yang 'Mendikte' Kekaisaran Rusia Selama 10 tahun