Find Us On Social Media :

Beberapa Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Melindungi Satwa Liar (2)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 12 Juli 2015 | 14:00 WIB

Beberapa Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Melindungi Satwa Liar (2)

Intisari-Online.com - Berbicara tentang satwa liar, kita sering mendengar kasus mengenai banyaknya spesies yang hilang dan perusakan habitat. Tidak mudah tentunya untuk kita yang ingin membantu karena masalah yang begitu kompleks. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi satwa liar, walaupun tindakan tersebut sangat kecil pengaruhnya.

4. Mendaur ulang dan mengurangi pemakaian energi

Menggunakan barang bekas atau mendaur ulang barang yang masih bisa dipakai sebanyak-banyaknya tentu akan mempengaruhi lingkungan kita yang akan menjadi lebih baik. Mengurangi pemakaian energy juga mempunyai peranan penting bagi sumber daya alam kita. Jangan buru-buru membuang sesuatu yang dianggap sudah tidak berguna!

5. Meminimalkan pemakaian herbisida dan pestisida

Herbisida dan pestisida memang membuat kebun atau halaman kita menjadi tampak lebih bagus, namun nyatanya mereka adalah polusi yang berbahaya untuk satwa liar. Beberapa kelompok hewan, seperti amfibi sangat rentan terhadap polusi dari bahan kimia ini, mereka sangat menderita akibat dari tingginya tingkat herbisida maupun pestisida.

6. Menempelkan stiker pada jendela agar menghindari burung tertabrak

Khususnya di Amerika, kejadian ini cukup sering terjadi. Banyak burung yang mati karena tertabrak jendela rumah atau kantor. Cara sederhana untuk mengurangi kejadian ini yaitu dengan menempelkan stiker di jendela.

7. Menghindari kecepatan tinggi saat berkemudi

Tidak sedikit hewan yang meninggal akibat dari pengemudi kendaraan yang memacu kecepatan tinggi di jalanan. Ketika berkendara, ada baiknya kita memperhatikan jalanan terlebih ada hewan yang terancam tertabrak.