Find Us On Social Media :

KBG84, Girlband yang Isinya Nenek-Nenek Asal Jepang

By Moh Habib Asyhad, Senin, 13 Juli 2015 | 16:30 WIB

KBG84, Girlband yang Isinya Nenek-Nenek Asal Jepang

Intisari-Online.com - Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Itulah gambaran singkat dari para anggota KBG84, girlband yang isinya nenek-nenek asal Jepang. Sesuai dengan namanya, rata-rata usia mereka adalah 84 tahun. Konon kabarnya, nama KBG84 adalah plesetan dari AKB48 yang muda dan cantik-cantik itu.

Dilansir dari The Japan Times, nenek lincah ini berasal dari pinggiran Pulau Kohama yang terletak di Prefektur Okinawa. Mula-mula mereka cukup bingung dengan kepopuleran mereka, terlepas setelah mereka melakukan konser pertamanya di Tokyo.

“Saat saya mendengar orang menyebut kami sebagai ‘idola’, saya kira idola berarti orang yang sudah hidup sangat lama—dan sudah berada di ambang pintu surga,” ujar Tomi Menaka (92), kepada The Japan Times di sebuah taman herbal di Kohama.

Tapi di Tokyo mereka menyebut idola itu sebagai penghibur. “Saya jadi lega karena saya pikir saya sebentar lagi akan pergi ke surga. Saya belum pernah ke Tokyo dan Osaka. Saya mau ke sana sebelum saya masuk surga,” tambahnya sembari cekikikan.

Untuk diketahui, KBG84 adalah singkatan dari Kohamajima Ba-chan Gasshodan. Dengan 33 anggota, kelompok ini telah merilis sebuah single yang berjudul “Come on and Dance, Kohama Island” dengan sebuah videoklip yang dibuat di sebuah pulau kecil berpenduduk 600 orang yang terletak sekitar 240 km dari Taiwan.

 

“Saya belum pernah sebahagia ketika berada di atas pentas,” ujar Menaka, mengenakan kimono bergaris sementara gigi emasnya berkilau di bawah terik matahari tengah hari. “Pergi ke Tokyo untuk pertama kalinya, saya pikir saya sangat beruntung telah dilahirkan.” 

Terlepas dari itu, kita tahu, Pulau Okinawa memiliki tingkat harapan hidup tertinggi di dunia. Warga yang tinggal di pulau itu dikenal memiliki kebiasaan makan sayur, juga makanan rendah gula jika dibandingkan warga Jepang daratan. Sumber karbohidrat utama di sana adalah ubi ungu, bukan nasi.

“Saya suka daging dan hal-hal yang manis. Saya biasa menjaga kesehatan saya dengan hal-hal sederhana; membersihkan rumah, menyeka lantai, mengukus beras, berteduh ketika panas—saya merasa jantung saya masih sangat muda.” Menaka tertawa, diapit oleh anggota KBG84 tertua, Haru Yamashiro (94), yang menggeleng kurang setuju.