Find Us On Social Media :

Eligio Ramos, Kehilangan Dompet saat Perang Dunia II dan Menemukannya Kembali 70 Tahun Kemudian

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 7 Agustus 2015 | 11:30 WIB

Eligio Ramos, Kehilangan Dompet saat Perang Dunia II dan Menemukannya Kembali 70 Tahun Kemudian

Intisari-Online.com - Ini benar-benar di luar perkiraannya. Eligio Ramos, mengaku pernah kehilangan dompet saat Perang Dunia dan menemukannya kembali 70 tahun kemudian. Dan tahukah kita, keajaiban itu ia dapat persis saat ia tengah menyantap hidangan sarapan.

Ramos (91) telah memiliki kehidupan yang menakjubkan. Ketika masih muda, adalah seorang tentara Amerika; ikut berjuang di medan pertempuran; juga membebaskan tawanan perang dari sekapan lawan.

Waktu itu, ia bersama batalionnya tengah menempati sebuah rumah di Austria milik seorang pria bernama Ruckhofer. Waktu itu tahun 1945, Ramos menyembunyikan dompetnya di bawah salah satu lantai. Namun ketika unitnya meninggalkan rumah itu esoknya, Ramos lupa mengambil dompetnya yang penuh dengan foto-foto keluarga, juga barang-barang penting lainnya. 

70 tahun kemudian, ketika Ramos tengah menyantap hidangan sarapan bersama putrinya, Sylvia Gonzales (72), ia menerima sepucuk surat dari cucu Ruckhofer. Dr Josef Ruckhofer telah mewarisi rumah peternakan tersebut.

 

Dalam suratnya, Josef menuliskan, bahwa saat itu hendak mengganti lantai rumahnya, ia menemukan dompet Ramos. Dengan menggunakan nomor ID militer milik Ramos, Josef berharap bisa mengembalikan dompet bersejarah tersebut.

 

 

“Saya sedang sarapan di rumah bersama ayah—hal yang rutin kami lakukan tiga hari dalam seminggu—dan saya tengah membaca surat itu dan saya terharu,” ujar Sylvia kepada ABC News. “Saya lalu bilang, ‘Dad, lihatlah! Seseorang telah menemukan dompetmu yang hilang tahun 1945 di Austria dulu.”

Untuk pertama kalinya dalam 70 tahun, Ramos, yang sekarang tinggal di rumah sakit khusus veteran di Fresno, California, mampu merasakan kulit dompetnya yang telah usang. Keluarga besarnya begitu kagum dengan foto-foto yang sudah mulai memudar tapi tetap bagus.