Find Us On Social Media :

10 Benda Kotor yang Kita Sentuh Setiap Hari (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 8 Agustus 2015 | 18:00 WIB

10 Benda Kotor yang Kita Sentuh Setiap Hari (1)

Intisari-Online.com - Saat ini, banyak dari kita yang tidak pernah lupa membawa pembersih tangan untuk menjaga kebersihan. Sayangnya, mungkin sebagian dari kita tidak sadar bahwa kita sering menyentuh benda kotor walau tangan kita terlihat bersih. Lalu, apa saja benda-benda kotor yang kita sentuh setiap hari?

1. Dudukan toilet

Meski dudukan toilet terlihat bersih, nyatanya mereka mengandung banyak kuman. Penelitian menunjukkan bahwa ada 295 jenis bakteri yang ditemukan di dudukan toilet.

2. Saklar lampu

Benda ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan setiap hari, baik di rumah maupun di tempat umum. Saklar lampu juga terlihat bersih dan steril, padahal mereka memiliki banyak kuman karena banyak tangan yang menyentuh mereka.

3. Uang

Ini sudah menjadi rahasia umum kalau uang menjadi benda yang kotor atau mengandung banyak kuman. Uang setiap hari berpindah tangan dari satu orang ke orang lain yang tentunya menjadi kumpulan kuman di dalamnya. Penelitian di New York menyatakan ada sekitar 135.000 bakteri yang terkandung dalam satu lembar uang.

4. Keyboard komputer

Di zaman sekarang, perangkat komputer seperti tidak bisa dipisahkan dari kita. Yang kita lupakan adalah membersihkan keyboardnya, karena mereka mengandung bakteri. Beberapa studi menunjukkan, bakteri yang terdapat di keyboard komputer bahkan lebih banyak daripada di dudukan toilet.

5. Wastafel dapur

Seperti yang kita ketahui, wastafel dapur sering digunakan untuk tempat mencuci piring, daging, sayur, dan lainnya. Hal ini kemudian membuat wastafel lembab dan memunculkan bakteri atau kuman. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wastafel dapur secara rutin.