Find Us On Social Media :

Kisah Pesawat Concorde 2.0 yang 5 Kali lebih Cepat dari Suara (2)

By Lila Nathania, Sabtu, 15 Agustus 2015 | 15:30 WIB

Kisah Pesawat Concorde 2.0 yang 5 Kali lebih Cepat dari Suara (2)

Intisari-Online.com - Semakin modern teknologi makin cepat juga waktu yang kita butuhkan untuk menempuh perjalanan berjarak jauh. inilah kisah pesawat Concorde 2.0 yang lima kali lipat lebih cepat dari suara.

Sebagai pesawat dengan kecepatan ultra cepat, Concorde 2.0 merupakan penghasil polusi suara yang sangat mengganggu. Namun hal itu ternyata sudah ditemukan solusinya oleh para ahli. Mereka Akan membuat pesawat ini terbang lebih tinggi.

Pesawat Concorde pertama terbang di ketinggian sekitar 18 kilometer dari permukaan tanah. Sekarang dengan kecepatan yang kian bertambah dan polusi suara yang dipastikan kian keras pula, Concorde 2.0 akan dioperasikan pada ketinggian 30 kilometer di atas permukaan tanah.

Para ahli yakin jika Concorde 2.0 terbang di ketinggian itu, gelombang suara yang dihasilkannya tidak akan mencapai daratan. Dengan ketinggian 30 kilometer di atas permukaan tanah ini Concorde 2.0 sudah berada di bagian atmosfer bumi yang cukup tinggi.

Penumpang Concorde 2.0 kelak akan merasakan sedikit petualangan seperti terbang dengan pesawat ruang angkasa. Pesawat akan lepas landas secara vertikal ke langit seperti  roket. Setelah mencapai ketinggian tertentu, ramjet akan meningkatkan kecepatan pesawat hingga Mach 5 (lima kali lipat kecepatan suara). Ramjet sendiri sebenarnya lebih sering ditemui pada peluru kendali ketimbang pesawat komersial.

Tak seperti pendahulunya yang bisa menampung 100 orang, kini pesawat Concorde 2.0 hanya berisi 20 kursi saja. Anda pun tak boleh tergesa-gesa untuk mencoba Concorde 2.0 karena pesawat ini diperkirakan baru dapat dipergunakan secara komersial sekitar 30-40 tahun lagi.

 (iflscience.com)