Find Us On Social Media :

Jakarta, ibu kota Indonesia, Sudah Siap Menyambut Hari Kemerdekaan ke-70 Tahun

By Monalisa Darwin D, Minggu, 16 Agustus 2015 | 14:00 WIB

Jakarta, ibu kota Indonesia, Sudah Siap Menyambut Hari Kemerdekaan ke-70 Tahun

Intisari-Online.com - Menjelang hari jadinya yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, besok, bendera Merah Putih sudah menghiasi sebagian besar daerah di tanah air. Jakarta, ibu kota Indonesia, pun sudah siap menyambut hari kemerdekaan yang ke-70 tahun. Sejumlah jalan di ibu kota telah seragam dengan warna merah putih. Tidak hanya itu, warna senada pun tampak di beberapa jembatan.

Seperti laporan dari KompasTV, beberapa daerah, seperti di Jakarta Timur juga menyambut hari kemerdekaan dengan suka cita. Warga saling membantu memasang bendera dan mengecat tembok dengan warna merah-putih. Ada pula tradisi tahunan yang tidak boleh ketinggalan, yaitu anak-anak memakai pakaian adat dan terdapat berbagai acara perlombaan yang berbau kemerdekaan.

Selain ibu kota, beberapa kota lain juga mearayakan kemerdekaan RI ke-70. Di Jawa Tengah, siswa SMA 3 Semarang mengadakan perlombaan mirip Bung Karno. Tidak hanya dari cara berpakaian yang dinilai, namun peserta juga harus unjuk kebolehan berpidato seperti Sang Proklamator, Soekarno.

Di Bangkalan, Jawa Timur, perlombaan dalam rangka HUT RI cukup menarik, yaitu lomba balap sepeda di atas papan yang lebarnya hanya 20 cm dan dibentangkan di atas sungai. Berbeda di Makasar, sebuah hotel memasang miniatur kapal perang Bung Tomo sepanjang bulan Agustus ini. Selanjutnya di Surabaya, Siswa SD Muhammadyah 11 mengikuti lomba menulis surat untuk presiden Jokowi, salah satu isi surat adalah mengenai kekerasan anak yang terjadi di Indonesia.

Ambon dan Manado juga tidak mau ketinggal dalam merayakan hari kemerdekaan, para penyelam melakukan aksi menanam terumbu karang dan mengibarkan bendera di bawah laut. Aksi ini sekaligus mengajak masyarakat untuk peduli dan mencintai laut serta lingkungan.

Bagaimana dengan Anda? Sudah siap merayakan HUT RI ke-70?