Find Us On Social Media :

Tukang Kayu Asal Banyuwangi Ini Terkenal karena Punya Nama Tuhan

By Ade Sulaeman, Jumat, 21 Agustus 2015 | 18:10 WIB

Tukang Kayu Asal Banyuwangi Ini Terkenal karena Punya Nama Tuhan

Intisari-Online.com - Seorang tukang kayu asal Banyuwangi tiba-tiba menjadi terkenal setelah diketahui memiliki nama ‘Tuhan’. Pria asli dusun Krajan, Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Banyuwangi ini semakin banyak diperbincangkan setelah membuktikan bahwa memang nama tersebutlah yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya.

Ketika ditanya tentang makna di balik nama yang kontroversial tersebut, Tuhan tidak dapat menjawab. Maklum, kedua orangtuanya memang tidak pernah menjelaskan alasan memberikan nama tersebut.

“Bapak dan ibu saya sudah meninggal. Nama kakak-kakak saya juga seperti orang kebanyakan,” tutur ayah dua anak ini, Jumat (21/8/2015).

Saudaranya yang lain memiliki nama Juni, Aisyah, Halifah, Ainan, Nasiah, dan Isroli.

Tuhan juga mengaku, selama puluhan tahun hidup, tidak pernah merasa aneh dengan namanya, bergitu juga dengan lingkungan sekitarnya.

Hanya, beberapa minggu terakhir ini, banyak yang tanya nama saya yang sebenarnya. Mereka tidak percaya nama saya Tuhan. Ya sudah, saya kasih (lihat) KTP saya saja," cerita Tuhan.

Lagipula, orang-orang di sekitarnya tidak pernah memanggil dirinya dengan nama “Tuhan”. Mereka lebih sering memanggil pria kelahiran 30 Juni 1973 ini dengan sebutan “Toha.”

Kedua anak perempuannya bernama Novita Sari dan Dwi Lestari.

"Yang satu sudah menikah, dan satunya masih SD kelas VI," ungkap Tuhan.

Sementara itu, Husnul Hotimah, istri Tuhan, mengaku tidak masalah dengan nama unik yang disandang oleh suaminya.

"Sama sekali tidak jadi beban. Sama orang-orang malah sering buat guyona. (Mereka bilang) bahwa saya menikah sama Tuhan dan rumah Tuhan ada di Desa Kluncing, Banyuwangi," katanya sambil tersenyum.

(Ira Rachmawati/kompas.com)