Find Us On Social Media :

La Tomatina, Saat Puluhan Ribu Orang Berkumpul dan Saling Melempar Tomat Satu Sama Lain

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 27 Agustus 2015 | 16:00 WIB

La Tomatina, Saat Puluhan Ribu Orang Berkumpul dan Saling Melempar Tomat Satu Sama Lain

Intisari-Online.com - Setiap tahunnya, ribuan orang berkumpul di jalan-jalan Bunol, Spanyol, untuk perang makanan. Tapi bukan sembarang makanan, makanan yang boleh dilemparkan adalah tomat, tomat matang. Inilah festival La Tomatina, ketika puluhan ribu orang berkumpul dan saling melempar tomat satu sama lain.

Tahun ini adalah perayaan yang ke-70. Festival yang diselenggarakan pada Rabu (26/8) kali ini kabarnya dihadiri lebih dari 20 ribu peserta. Mereka membayar untuk mendapatkan satu kegembiraan. Kabarnya, ada sekitar 7.500 jenis tomat dalam perayaan tahunan ini. Tak hanya diikuti oleh warga lokal Spanyol, festival ini juga sudah menjadi agenda tahunan turis-turis mancanegara. Dan meskipun upacaya ini tampak sangat menyeramkan, tapi semua itu sejatinya adalah sebuah kesenangan.

 

Sebanyak 175 ton tomap disediakan untuk festival ini. Festival ini kabarnya terinspirasi dari pertarungan makanan antara anak-anak setempat yang terjadi pada 1945. Masyarakat Bunol juga tidak khawatir jika rumah-rumahnya harus blepotan tomat, karena pascaacara petugas kebersihan akan siap-siaga dengan mesin pembersih berkekuatan tinggi untuk membuat bangunan-bangunan itu bersih kembali.