Find Us On Social Media :

Udang Spesies Baru yang Ditemukan di Indonesia Ini Dinamai Elton John

By Moh Habib Asyhad, Senin, 31 Agustus 2015 | 16:30 WIB

Udang Spesies Baru yang Ditemukan di Indonesia Ini Dinamai Elton John

Intisari-Online.com - Masih ingat Elton John? Benar, Elton John yang kita maksud dia adalah salah satu legenda musik Amerika Serikat paling populer itu. Baru-baru ini seekor udang spesies baru yang ditemukan di Indonesia dinamai Elton John. Bukan lantaran udang itu bisa bernyanyai, pemberian nama itu semata-mata karena kekaguman si penemu udang itu terhadap sang legenda.

Udang yang diberi nama ilmiaih L. eltoni itu ditemukan di sebuah karang invertebrata. Antar-keduanya tampaknya terjadi sesuatu yang disebut “hubungan komensal”—hubungan parasit di mana si inang tidak dirugikan atau diuntungkan.

Nama itu diberikan James Thomas dari Halmos College of Natural Sciences and Oceanography di Florida kepada spesies itu sebagai bentuk hormatnya terhadap Elton John. “Saya telah mendengarkan musiknya di lab selama karier ilmiah saya,” terangnya.

“Jadi, ketika krustasea yang tidak biasa ini, dengan embel-embel yang besar, muncul di bawah mikroskop saya setelah hari pengumpulan. Spesies itu mengingatkan saya kepada sepatu Elton John yang ia pakai ketika memainkan ‘Pinball Wizard’,” tambahnya.

Studi yang dilakukan oleh Thomas dan beberapa peneliti lain itu diterbitkan minggu ini di sebuah jurnal Zookeys.

Setelah para peneliti menemukan krustasea di sebuah terumbu karang di Raja Ampat, Indonesia, mereka langsung dihubungi oleh para ilmuwan di Hawaii, di mana L. eltoni tiba sebagai spesies invasif.

Sejauh ini, L. eltoni tampaknya tidak memiliki hubungan dengan Cherax Snowden, udang karang yang juga baru saja ditemukan dan dinamai Edward Snowden.