Find Us On Social Media :

Chandra Bahadur Dangi, Manusia Terpendek di Dunia yang Baru Saja Meninggal di Usia 75 Tahun

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 8 September 2015 | 16:30 WIB

Chandra Bahadur Dangi, Manusia Terpendek di Dunia yang Baru Saja Meninggal di Usia 75 Tahun

Intisari-Online.com - Pria ini hanya memiliki tinggi badan 1 kaki 9,5 inci (sekitar 54 cm). Tak hanya itu, pria berkewarganegaraan Nepal ini juga hanya memiliki berat 14 kg. Inilah Chandra Bahadur Dangi, manusia terpendek di dunia yang baru saja meninggal di usia 75 tahun.

Seperti dirilis Kathmandu Post, Dangi menderita pneumonia dan dirawat di Lyndon B. Johnson Tropical Medical Center di Pago Pago, Samoa Amerika, akhir pekan lalu. Sebelumnya ia telah dirawat di Nepal, tapi ia harus diterbangkan ke Samoa Amerika untuk sebuah pertunjukkan. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit setempat setelah kesehatannya kian memburuk.

Dangi akan selamanya memegang rekor manusia terpendek yang pernah hidup dan dicatat Guinness World Record. Sebelum Dangi, rekor orang terpendek di dunia dipegang oleh Gul Mohammed dari India dengan 1 kaki 10,5 inci yang meninggal pada 1997 silam. Penobatan Dangi sendiri baru terjadi pada 2012 lalu.

Sepeninggal Dangi, rekor orang terpendek dipegang oleh Junrey Balawing (22) dari Filipina yang dua inci lebih tinggi dibanding Dangi.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis (3/9), Guinness World Record mengaku sangat sedih atas kematian Dangi. “GWR ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus dan sepenuh hati untuk keluarga Mr. Dangi di masa sulit ini. Dia akan dikenang selamanya sebagai pemegang rekor ikonik nan luar biasa,” tulis pernyataan itu.

Tahu lalu, dalam sebuah perjalanan ke London, Dangi bertemu dengan Sultan Kosen dari Turki yang dianggap sebagai orang tertinggi di dunia dengan 2,5 meter. Ia mengaku bahagia dengan perjalanan ke London dan pertemuan dengan orang tertinggi di dunia itu. “Ini merupakan impian seumur hidup untuk berjalan-jalan dan memegang rekor Guinness World Records,” ucap Dangi kepada The Telegraph waktu itu.

 

Dangi memiliki kondisi yang dikenal sebagai kerdil primordial, yang berarti kerdil yang menimpa orang pada umumnya. Dan perlu diketahui, orang dengan kerdil primordial sangat rentan kondisi kesehatannya, tapi Dangi adalah pria yang luar biasa fit. Buktinya ia bisa bertahan hingga 75 tahun.

Orang yang dekat dengan keluarga Dangi, Sujit Dilip, pemilik rumah sirkus terkenal di India, Rambo Circus, mengatakan kepada Daily Mail, “Hari ini, sirkus kami dibanjiri air mata karena kehilangan orang terkecil di dunia … yang biasa kami panggi dengan Prince Chandra.”