Find Us On Social Media :

Lima Kegiatan Liburan yang Mengedukasi Anak-anak

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 12 September 2015 | 17:00 WIB

Lima Kegiatan Liburan yang Mengedukasi Anak-anak

Intisari-Online.com - Masih banyak orangtua yang memberikan pendidikan atau mengajar anak-anaknya dengan cara yang kuno, misalnya membacakan setiap hafalan yang ada di buku. Padahal, penelitian menyebut bahwa untuk mendorong pertumbuhan pikiran dan tubuh yang sehat, anak harus dibiarkan aktif di luar ruangan, misalnya bermain dan berolahraga. Namun, jangan sampai anak hanya bermain tanpa arti, oleh karenanya sebagai orangtua, kita harus bisa menciptakan permainan yang mendidik agar menyenangkan. Kita bisa mencoba kegiatan liburan yang mengedukasi anak-anak berikut:

1. Konsep permainan “berburu harta karun”

Sembunyikan beberapa benda di kebun rumah dan berikan daftar berisi clue atau petunjuk kepada anak untuk mereka menemukannya. Ini akan menjadi permainan yang menyenangkan sekaligus mengajarkan kepada anak untuk cerdas dalam membaca petunjuk serta menemukan benda yang dimaksud.

2. Ajarkan olahraga baru

Jika anak sudah mengetahui satu macam olahraga, kita dapat mengajarkannya olahraga yang lain untuk sekadar memperkenalkan kepada mereka. Misalnya mereka sudah mengetahui permainan sepak bola, kita bisa mengajaknya ke lapangan tenis sambil mengenalkan kepada mereka. Tidak hanya untuk mengeksplorasi tentang olahraga, dengan ini juga kita dapat mengetahui kecenderungan minat anak pada olahraga jenis apa.

3. Berkebun

Berkebun sepertinya menjadi salah satu kegiatan yang memang harus dikenalkan kepada anak-anak. Selain menyenangkan, ini juga akan memberi kesempatan kepada anak untuk menemukan hobi baru serta mengajarkan mereka pentingnya alam. Tentunya praktik berkebun tidak bisa ditemui di buku pelajaran mereka.

4. Ajarkan penggunaan teknologi

Teknologi tidak selamanya berdampak buruk, jika kita bisa dengan baik mengajarkan penggunaannya untuk hal positif, ini akan menambah pengetahuan mereka lagi. Salah satu yang bisa diajakan kepada anak adalah tentang memilih dan mengedit foto secara sederhana melalui komputer atau laptop. Ini pasti akan menyenangkan untuk mereka.

5. Kegiatan indoor

Jika kondisi sedang tidak memungkin anak melakukan kegiatan di luar rumah, kita bisa membuat kegiatan menyenangkan di dalam rumah. Ada banyak kegiatan menyenangkan dan mendidik yang bisa dilakukan, misalnya mengajarkan origami atau berkompetisi menulis esai.

Tidak hanya untuk bersenang-senang, namun isilah dengan kegiatan liburan yang mengedukasi anak agar mereka mendapatkan pengetahuan lebih yang bermanfaat. (magforwomen.com)