Find Us On Social Media :

Miskha, Berang-berang Penderita Asma yang Belajar untuk Menggunakan Inhaler

By Lila Nathania, Minggu, 20 September 2015 | 16:30 WIB

Miskha, Berang-berang Penderita Asma yang Belajar untuk Menggunakan Inhaler

Intisari-Online.com – Anda yang menderita asma atau pernah melihat teman yang menderita asma tentu tahu alat bantu pernapasan bernama inhaler. Ternyata alat itu tak hanya bisa digunakan untuk menusia. Ada Miskha, berang-berang penderita asma yang belajar untuk menggunakan inhaler.

Miskha adalah berang-berang laut berusia satu tahun yang tinggal di Seattle Aquarium. Ia merupakan berang-berang pertama yang didiagnosis menderita asma. Walau Miskha merupakan yang pertama bagi spesies berang-berang, sebenarnya penyakit asma memang bisa menyerang hewan. Beberapa hewan yang bisa terkena asma yaitu anjing, kucing, dan kuda.

Awal mula datangnya penyakit ini adalah saat Miskha mengalami gangguan pernapasan karena asap. Setelah diketahui bahwa Miskha mengalami kesulitan dalam pernapasan, tim dokter segera mencari tahu apa penyebabnya.

Serangkaian tes dilakukan terhadap Miskha mulai dari X-ray hingga sistem kerja darah. Setelah diteliti dengan seksama, tim dokter mengetahui bahwa Miskha menderita asma. Layaknya penderita asma manusia, para dokter pun kini mencoba mengenalkan inhaler pada berang-berang tersebut.

Agar mau menggunakan inhaler, Miskha harus diperlakukan secara khusus. Ia dilatih untuk menggunakan inhaler dengan imbalan berupa ikan. Setelah beberapa kali melakukan latihan, Miskha sekarang tahu bagaimana caranya menekan hidung ke inhaler dan menarik napas. Berang-berang pintar ini sekarang dilaporkan sudah bisa menggunakan inhaler dengan ahli.

(iflscience.com)