Find Us On Social Media :

Kucing Terlangka di Dunia Tertangkap Kamera

By Lila Nathania, Minggu, 27 September 2015 | 15:00 WIB

Kucing Terlangka di Dunia Tertangkap Kamera

Intisari-Online.com – Mengetahui keberadaan hewan yang sudah langka di alam liar adalah hal yang menggembirakan. Salah satunya adalah kabar bahwa kucing terlangka di dunia tertangkap kamera.

Kucing Andrean adalah spesies kucing paling langka di bumi. Habitat asli mereka adalah di bagian utara Chile. Spesies ini sangat langka dan hanya ada sangat sedikit foto yang menunjukkan kucing Andrean di alam liar. Karenanya, selama ini ilmuwan hanya mengetahui sangat sedikit informasi tentang kebiasaan dan tempat tinggal mereka.

Kabar gembiranya, pada awal bulan ini sejumlah kamera jebak berhasil menangkap keberadaan kucing Andrean di Los Flamencos National Reserve. Dalam foto-foto itu terlihat satu ibu kucing Andrean dan anaknya.

Hal ini langsung mendapatkan respon positif. Pada ahli sekarang jadi mengetahui bahwa kucing Andrean tak hanya tinggal di bagian utara Chile saja. mereka berharap bahwa ini merupakan pertanda positif bahwa kucing Andrean mungkin masih cukup banyak ada di alam liar.

Menurut para ilmuwan, berdasarkan jarangnya frekuensi tampaknya kucing Andrean, spesies ini hanya ada kurang dari 2.500 di alam liar. Jumlah mereka semakin menurun karena ulah manusia. Sebagian besar habitat kucing Andrean rupanya sudah dipakai oleh manusia.

Para ahli sekarang sedang berusaha keras memetakan di mana saja habitat kucing ini. Dengan cara tersebut, mereka berharap bisa menjaga habitat yang tersisa dan menjadikan lokasi itu wilayah konservasi yang tidak boleh diusik manusia.

(thedodo.com)