Find Us On Social Media :

Suku Tsaatans di Mongolia yang Hidup Nomaden dengan Tradisi Unik (1)

By Lila Nathania, Minggu, 4 Oktober 2015 | 16:00 WIB

Suku Tsaatans di Mongolia yang Hidup Nomaden dengan Tradisi Unik (1)

Intisari-Online.com – Bicara tentang suku-suku tradisional memang selalu menyenangkan karena mereka memiliki tradisi yang unik. Inilah Suku Tsaatans di Mongolia yang hidup nomaden dengan tradisi unik.

Orang-orang Tsaatan adalah suku yang hidup dengan menggembalakan rusa. Mereka tinggal  di bagian utara Khövsgöl Aimag, Mongolia. Aslinya suku ini berasal dari Tuva Republic of Russia. Tsaatan adalah salah satu suku terakhir di dunia yang hidup sebagai penggembala rusa.

Mereka berhasil bertahan hidup selama ribuan tahun karena tinggal di tempat terpencil. Biasanya mereka akan berpindah tempat setelah tinggal selama lima hingga 10 tahun di satu tempat.

Suku Tsaatan dan rusa-rusa adalah dua pihak yang saling bergantung satu sama lain. Orang-orang Tsaatan berkata bahwa jika rusa-rusa ini punah, maka kebudayaan mereka pun akan punah. Rusa-rusa ini menyediakan susu, keju, daging, dan transportasi. Mereka bahkan menjahit baju dengan bulu rusa. Kotoran rusa dijadikan bahan bakar kompor. Lalu tanduk mereka digunakan sebagai alat-alat penunjang kehidupan.

(boredpanda.com)