Find Us On Social Media :

Suku Tsaatans di Mongolia yang Hidup Nomaden dengan Tradisi Unik (2)

By Lila Nathania, Minggu, 4 Oktober 2015 | 16:15 WIB

Suku Tsaatans di Mongolia yang Hidup Nomaden dengan Tradisi Unik (2)

Intisari-Online.com – Bicara tentang suku-suku tradisional memang selalu menyenangkan karena mereka memiliki tradisi yang unik. Inilah Suku Tsaatans di Mongolia yang hidup nomaden dengan tradisi unik.

Suku Tsaatan ini hidup dengan damai bersama rusa-rusa mereka. Rusa ini dipelihara dan tidak pernah secara sengaja dibunuh untuk dijadikan makanan. Sayang kesejahteraan rusa-rusa serta suku ini sekarang terancam akibat berkurangnya populasi rusa.

Orang-orang Tsaatan sendiri biasanya tinggal dalam sejumlah tenda yang dibangun berdekatan. Biasanya ada dua hingga tujuh keluarga yang hidup dalam satu komunitas. Dalam setiap perkampungan, selalu ada tempat untuk rusa dan hewan ini dianggap sebagai peliharaan yang harus disayangi. Dalam tenda mereka bisa memasak susu, membuat keju, dan sebagainya.

Saat ini hanya tersisa 40 keluarga saja yang masih menjalani tradisi suku Tsaatan ini. Banyak anggota suku ini yang sekarang sudah hidup di kawasan urban dan meninggalkan cara hidup nomaden mereka. Semoga saja jumlah rusa tidak berkurang sehingga keberlangsungan suku Tsaatan juga dapat terjaga hingga selama mungkin.

(boredpanda.com)