Find Us On Social Media :

Lelucon Tertua di Dunia yang Pernah Tercatat Berasal dari Sumeria Abad 19 SM

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 6 Oktober 2015 | 13:30 WIB

Lelucon Tertua di Dunia yang Pernah Tercatat Berasal dari Sumeria Abad 19 SM

Intisari-Online.com - Lelucon tertua di dunia yang pernah tercatat berasal dari Sumeria abad ke-19. Lelucon tersebut sejatinya adalah perkataan bangsa Sumeria—sekarang Irak bagian selatan dan sekitarnya—yang berbunyi: “Sesuatu yang tidak pernah terjadi sejak zaman dahulu; perempuan muda tidak kentut di atas pangkuan suaminya.”

Kalimat itu memimpin 10 lelucon tertua di dunia yang diterbitkan oleh University of Wolverhampton, Kamis (1/10).

Sebuah lelucon abad ke-16 SM tentang Firaun (Raja Snofru) berada di urutan kedua, yang berbunyi: “Bagaimana Anda menghibur Firaun yang bosan? Naiklah kapal yang penuh dengan perempuan hanya berpakaian jaring ikan menyusuri Nil dan desaklah Firaun untuk pergi menangkap ikan.”

Sementara itu, lelucon tertua di Inggri datang dari abad ke-10 yang mengungkapkan wajah mesum Anglo-Saxon. “Apa yang menggantung di paham seorang laki-laki dan ingin menusuk lubang yang sudah sering ditusuk sebelumnya? Jawabannya: kunci A.”

“Lelucon memiliki variasi tiap tahunnya. Beberapa berupa pertanyaan dan jawaban, sementara beberapa yang lain berupa peribahasa lucu dan teka-teki,” kata penulis laporan itu, Dr Paul McDonald, dosen senior di Universitas.

McDonald menambahkan, “Apa yang mereka bagi, bagaimanapun juga, adalah sebuah upaya untuk menabrak tabu. Permainan kata, lelucon gadis Essex, dan humor toilet yang lebih modern, semuanya ditemukan pada lelucon-lelucon paling awal yang teridentifikasi.”