Find Us On Social Media :

KinderKookKafe, Restoran di Belanda yang Sebagian Besar 'Pekerjanya' adalah Anak-anak

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 5 November 2015 | 12:00 WIB

KinderKookKafe, Restoran di Belanda yang Sebagian Besar 'Pekerjanya' adalah Anak-anak

Intisari-Online.com - KinderKookKafe terlihat berbeda dibanding dengan restoran-restoran lain di dunia. Bagaimana tidak, seperdi dilansir dari Amusingplanet.com, di restoran yang berada di Amsterdam, Belanda ini sebagian besar "pekerjanya" adalah anak-anak. Mereka memasak, melayani, mencuci, menarik tagihan; tentu saja dengan sedikit bantuan dari pekerja dewasa yang ramah.

Menu-menu di restoran ini tergolong sangat sederhana dan cukup murah. Untuk mendapatkan meja, pengunjung harus memesannya terlebih dahulu.

Selain sebagai restoran, KiderKookKafe tidak hanya berfungsi sebagai restoran; ia sejatinya adalah bagian dari sekolah dan tempat penitipan anak. Para orangtua biasanya memasukkan anak-anak mereka pada siang hari dan kembali lagi untuk makan makanan yang dimasak oleh anak-anak mereka.

Jika dilihat sekilas dari visinya, tujuan utama dari restoran ini sejatinya bukanlah semata-mata bisnis melainkan melatih kemandirian anak-anak tersebut, karena restoran ini hanya dibuka pada Sabtu dan Minggu. Dengan sedikit bimbingan dari mentor dewasa mereka akan menyiapkan makan malam di hari Sabtu dan menyajikan secangkir teh hari Minggu. Sesederhana itu.

 

 

Meski demikian, tidak semua anak-anak yang dititipkan harus mengikuti kelas memasak ini. Mereka dibebaskan untuk memilih, bergabung di dapur atau bersantai bersama orangtua mereka menunggu makanan yang akan dihidangkan kawan-kawannya.