Find Us On Social Media :

Orang Buta Juga Punya Hak untuk Menikmati Film Kesukaannya secara Utuh

By Moh Habib Asyhad, Senin, 16 November 2015 | 15:15 WIB

Orang Buta Juga Punya Hak untuk Menikmati Film Kesukaannya secara Utuh

Intisari-Online.com - Sudah saatnya orang buta bisa menikmati film kesukaannya secara utuh, laiknya mereka yang tidak bermasalah dengan matanya. Sebuah aplikasi baru bernama ‘My Dream Partner’ memungkinkan mereka menonton film tanpa harus kehilangan adegan intinya. Aplikasi ini menawarkan deskripsi audio yang penuh dan utuh.

Aplikasi ini diluncurkan oleh operator seluler asal Turki bernama Turkcell pada Oktober lalu, bersamaan dengan gala-screening film Turki berjudul Kiss of Life.

Melalui aplikasi ini, lusinan tunanetra yang hadir di acara tersebut mengaku bisa “melihat” para aktor berikut adegan yang mereka lakonkan dengan utuh-seluruh.

“Ketika datang waktu menonton film, kami pergi ke bioskop dan melihat film tapi kami akan kehilangan detail visual,” ujar Gamze Sofuoglu dari Turkcell yang juga seorang tunanetra. “Bagian-bagian itu akan tetap terasa buram. Kadang-kadang kami tidak bisa memahami film, kadang-kadang kehilangan bagian akhirnya.”

Dengan aplikasi ini, Sofuoglu menambahkan, ia bisa merasakan setiap detail adegan yang ada di dalam film. “Aplikasi ini membuat adegan terlihat oleh kami. Hari ini, saya bisa menonton film dengan bantuan deskripsi audio dan saya dapat melihat pengalaman yang lebih menyenangkan tanpa kehilangan beberapa adegan,” terangnya.

Aplikasi ini dipasang oleh para tunanetra sesaat sebelum acara nonton bersama. Dan di akhir acara, mereka mengaku puas dengan aplikasi ini.

“Ini adalah pengalaman pertama saya, juga banyak tunanetra lainnya. Kami cemas apakah akan mendapatkan kesulitan, tapi ternyata tidak sama sekali. Saya mendengarkan dengan mudah dan saya sangat menikmatinya,” tutur Kerem Altinok, salah seorang tunanetra yang hadir.

Perasaan gembira juga disampaikan oleh aktor Ali Sunal. Ia gembira karena filmnya dipilih untuk mempromosikan proyek ini. Lebih dari itu, ia senang bukan kepalang karena para tunanetra bisa menikmati aktingnya.