Find Us On Social Media :

Hati-hati, Kini Ada Ganja yang Bentuknya Mirip Susu Bubuk!

By Ade Sulaeman, Selasa, 24 November 2015 | 16:15 WIB

Hati-hati, Kini Ada Ganja yang Bentuknya Mirip Susu Bubuk!

Intisari-Online.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengingatkan masyarakat agar tidak tertipu dengan modus penyebaran narkoba, terutama jenis synthetic cannabinoid atau ganja sintetis.

Bentuk ganja sintetis ini mirip dengan susu bubuk. Bahkan, ada pula ganja sintetis yang dikemas layaknya susu bubuk yang dijual di pasaran.

"Ini jenis ganja yang sangat berbahaya, lebih bahaya dari ganja biasa karena ada ditambahkan zat tertentu dan efeknya lebih parah juga," kata Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Selasa (24/11/2015).

Selain itu, menurut Budi Waseso, ganja sintetis ini mendominasi 60 persen tangkapan petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, menjelang akhir tahun 2015.

Adapun ganja jenis ini biasanya beredar di kalangan remaja dan kawasan kampus.

Budi mengatakan, bentuk ganja sintetis adalah bubuk halus berwarna putih agak kusam dan dikemas di dalam kantong berukuran sedang.

Menurut dia, rata-rata ganja sintetis yang ditemukan petugas Bea dan Cukai untuk diselundupkan melalui Bandara Soekarno-Hatta juga dikemas dalam kotak susu palsu.

Ganja sintetis ini merupakan satu dari 36 narkoba jenis baru yang masuk ke Indonesia.

Secara keseluruhan, ada 350 narkoba jenis baru yang beredar di dunia, termasuk 36 narkoba jenis baru yang masuk ke Indonesia tersebut.

Khusus untuk ganja sintetis, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika belum menggolongkan ganja ini sebagai narkotika, psikotropika, atau prekusor.

(kompas.com)