Find Us On Social Media :

Luangkan Waktu Untuk Bermain Dengan Anak-anak

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 18 Mei 2011 | 15:46 WIB

Luangkan Waktu Untuk Bermain Dengan Anak-anak

Main bersama anak-anak  di tempat yang luas dan lapang? Bisa di Bumi Perkemahan dan Wisata (Buperta) Cibubur, dan cukup membuat anak-anak senang.

Beberapa waktu yang lalu saya mengajak anak-anak bermain ke luar rumah. Saat itu yang saya pikirkan adalah tempat yang dituju tidak jauh dari rumah, murah, dan anak-anak bisa berlarian bebas. Pilihan saya Bumi Perkemahan Cibubur. Cukup murah rasanya, hanya dengan tiket masuk Rp 6.000,- untuk orang dewasa pada hari Sabtu/Minggu/Libur, serta Rp 8.000,- untuk mobil. Ketika saya tanyakan anak-anak umur berapa yang harus membayar penuh? Ternyata anak-anak tidak perlu membayar. 

Saya ajak anak-anak berkeliling melihat tempat perkemahan untuk menunjukkan pada mereka suasana berkemah. Sebelumnya kami sempat mampir di Taman Lalu Lintas, yang berada dekat dengan pintu keluar Buperta. Untuk masuk Taman Lalu Lintas tidak perlu membayar tiket lagi hanya menunjukkan tiket masuk Buperta saja.

Akhirnya kami berhenti di suatu tempat yang agak teduh, dan saya biarkan anak-anak berlari-larian serta main bola di lapangan rumput yang luas. Walaupun siang itu agak panas tapi cukup sejuk karena banyak pepohonan meski tanah agak lembab setelah malam sebelumnya turun hujan.

"Kita pindah makan siang ya, Bu?" begitu komentar anak-anak ketika saya mengeluarkan bekal makan siang. Ya, rasanya memang begitu. Setelah selesai makan, kami bermain bersama-sama lagi di tengah lapangan rumput yang luas. Kebetulan tempat perkemahan saat itu tidak terlalu penuh dengan tenda-tenda.

Ternyata tidak sulit membuat anak-anak senang. Hanya membebaskan mereka melakukan apa yang disenangi dan membiarkan mereka berlarian sepanjang waktu, itu sudah membuat mereka senang. Yang penting bagi orangtua adalah meluangkan waktu untuk bersama mereka dan bermain bersama mereka.

Sudahkah Anda meluangkan waktu bersama anak-anak hanya untuk bermain?