Find Us On Social Media :

Tradisi Menyambut Ramadhan

By K. Tatik Wardayati, Senin, 1 Agustus 2011 | 11:00 WIB

Tradisi Menyambut Ramadhan

Tradisi tiap daerah dalam menyambut Ramadhan berbeda-beda. Salah satu potret di daerah Cimanggis dalam menyambut Ramadhan.

Murid-murid SD Negeri di daerah Cimanggis, Depok, mempunyai tradisi sendiri dalam menyambut Ramadhan tiap tahunnya. Seperti hari Sabtu (30/7) yang lalu, mereka mengadakan pawai mengelilingi daerah tempat sekolahnya berada. Sehari sebelumnya, mereka mempersiapkan atribut yang akan dibawa untuk pawai keliling, seperti hiasan kembang goyang, atau spanduk dari kertas karton yang bertuliskan “Marhaban Ya Ramadhan”.

Tujuan dari pawai ini sekaligus mengingatkan masyarakat sekitar bahwa Ramadhan akan tiba, serta kegembiraan anak-anak dalam menyambut Ramadhan. Meski mungkin beberapa muridnya masih dalam tahap belajar berpuasa, tapi kegembiraan terpapar jelas pada wajah mereka. Apalagi tiga hari pertama puasa, mereka libur sekolah.

Uniknya kali ini sebuah sekolah mengadakan pawai sepeda. Layaknya pawai tujuh belasan menyambut HUT Kemerdekaan RI saja. Meriah sekali. Mungkin saja karena 17 Agustus tahun jatuh di bulan Ramadhan, pawai dimaksud sekalian untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-66.