Find Us On Social Media :

Perhatian, Sumber Kesembuhan

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 17 Agustus 2012 | 17:29 WIB

Perhatian, Sumber Kesembuhan

Intisari-Online.com – Dalam kadar tertentu, kesembuhan mengandung makna perubahan. Seorang dokter, ahli hukum, pekerja sosial… semua ingin menggunakan kepandaian profesional mereka untuk mengubah sesuatu dalam hidup seseorang. Untuk itu mereka dibayar.

Tetapi usaha penyembuhan yang diharapkan mendatangkan kesembuhan, dengan mudah dapat berubah menjadi sebentuk kekerasan atau manipulasi kalau tidak disertai dengan perhatian. Memberi perhatian berarti hadir bersama dengan orang lain, menangis bersama dengan yang menangis, sependeritaan dan sehati-seperasaan dengan orang lain. Memberi perhatian pada dasarnya berarti menderita bersama. Dengan sikap itu diungkapkan kebenaran bahwa orang lain adalah saudara  atau saudari saya, sesama manusia yang ringkih dan meniti jalan hidup yang akan berakhir dengan kematian, seperti saya.

Kalau kita memberi tempat utama kepada perhatian, kesembuhan dapat dialami sebagai anugerah. Sering kali kita tidak dapat menyembuhkan, tetapi kita selalu dapat memberi perhatian. Dengan memberi perhatian kita mengungkapkan martabat kita sebagai manusia. (Bread for the Journey)