Find Us On Social Media :

Komunikasi dan Kerjasama itu Penting!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 31 Agustus 2012 | 10:00 WIB

Komunikasi dan Kerjasama itu Penting!

Intisari-Online.com – Seberapa pentingnya kerja sama? Frederick C. Crawford, mantan kepala teknologi gobal perusahaan jasa TRW, pernah menjawab pertanyaan tersebut dengan perumpamaan seperti ini:

Dahulu ketika anak laki-laki masih mengenakan celana pendek sampai mereka cukup umur untuk memakai celana panjang, ada perjuangan seorang anak kecil bernama Willie. Willie ingin celana panjang dengan caranya. Akhirnya, ibunya membelikannya sepasang untuk Natal. Namun, celana itu terlalu panjang, dan ia tidak punya waktu untuk memotongnya. Akhirnya ia membungkusnya dan meletakkannya di bawah pohon Natal.

Ketika malam tiba, ibunya merasa tidak enak dengan Willie, akhirnya ia bangun dari tidurnya, memotong sedikit celana itu dan mengelimnya lagi, lalu memasukkan kembali ke dalam kotak. Malam itu, neneknya, bangun dari tidur dan melakukan hal yang sama. Kemudian, saudara perempuan Willie pun mengulangi perbuatan baik itu.

Ketika Willie bersemangat memakai celananya keesokan harinya, ternyata celananya bahkan lebih pendek daripada yang lama. Ini adalah kasus tiga perbuatan baik yang dilakukan dalam ketidaktahuan satu sama lain yang tidak ada gunanya.

Kita bebas bertindak, kita perlu berinisiatif – dan sedikit komunikasi, agar tidak saling menyakiti. (The Art of Framing)