Find Us On Social Media :

Mempertahankan Integritas

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 16 Januari 2013 | 17:51 WIB

Mempertahankan Integritas

Intisari-Online.com – Bagaimana caranya mempertahankan sebuah integritas? Tanyalah kepada Reuben Gonzales, seorang pemain squash profesional.

Dalam sebuah artikel di National Racquetball Magazine, diceritakan Reuben Gonzales yang mementahkan keputusan wasit yang menguntungkan dirinya. Dalam sebuah pertandingan itu, Gonzales membuat tembakan “membunuh” ke dinding depan untuk memenangkan pertandingan.

Tembakan yang menentukan. Wasit menyebutnya sebuah tembakan yang jitu. Salah satu dari dua hakim garis menegaskan bila tembakan itu masuk. Tapi, setelah ragu-ragu sejenak, Gonzales berbalik, menjabat tangan lawannya, dan menyatakan bila tembakan tadi hanya melewati dinding, menghantam lantai pertama lapangan. Akibatnya, ia kehilangan pertandingan tersebut. Ia berjalan keluar lapangan. Semua orang tertegun.

National Racquetball Magazine menjelaskan bahwa inilah kejadian pertama kalinya di sirkuit squash profesional. Siapa yang akan menyangka bahwa dalam sebuah pertandingan yang penting itu - juga tak ada keberatan dari hakim dan lawan - Gonzales justru menuruti kata hatinya. Ia mendiskualifikasi dirinya di angka penentuan dan kalah!

Ketika ditanya mengapa dia melakukannya, Reuben menjawab, “Itu adalah satu-satunya cara yang bisa saya lakukan untuk mempertahankan integritas saya.”

Bagaimana dengan Anda? (*)