Find Us On Social Media :

Sebanding dengan Kerumitan

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 24 Maret 2013 | 14:00 WIB

Sebanding dengan Kerumitan

Intisari-Online.com – Dalam buku Robert Schuller’s Life Changers (Wings Books), penulis menceritakan kelulusan anaknya dari perguruan tinggi.

Anakku lulus dari almamaterku, Hope College di Holland, Michigan. Saat ia menerima gelar kelulusannya adalah salah satu momen paling membanggakan dalam hidup saya. Saya menyaksikan bagaimana ia menerima diploma dan rumbai pada topi toganya pindah dari kiri ke kanan.

Setelah upacara selesai, kami bertemu di luar. Dengan berseri-seri gembira, kami berpelukan dan saling menepuk punggung. “Kau berhasil!” kataku.

“Ya,” katanya, tertawa lebar. “Aku berhasil. Tapi itu sulit.”

“Tapi itu sebanding dengan hasilnya, bukankah demikian?” tanyaku.

“Ya, memang sebanding,” ulangnya. “Tapi kadang-kadang aku bertanya-tanya. Itu cukup merepotkan.”

Saat ia berkata-kata, mata saya tertarik pada rumbai yang menjuntai pada topinya. Menyentuh ringan, saya berkata, “Rumbai ini sebanding dengan kerumitannya.”

“Tentu saja,” anakku menegaskan dengan antusias.

Jika Anda membuat keputusan berdasarkan pada bagaimana nyamannya, mudah, tidak menyulitkan, atau menyakitkan, maka jangan pernah mengharapkan sesuatu yang besar. Hidup bebas dari kerumitan adalah hidup bebas rumbai. Yakinlah rumbai itu sebanding dengan kerumitan. Membayar dengan harga mahal dan Anda akan mendapatkan yang terbaik. (*)