Find Us On Social Media :

Jangan Sia-siakan Kesempatan

By K. Tatik Wardayati, Senin, 22 April 2013 | 11:00 WIB

Jangan Sia-siakan Kesempatan

Intisari-Online.com – Seorang pria berjalan pada hari yang sangat panas. Setelah beberapa jam berlalu, ia merasa sangat haus, dan membayangkan sebuah fatamorgana air di kejauhan, ia mengejar itu seolah-olah nyata. Nasib bagusnya saat itu, ia mengejar fatamorgana yang akhirnya menuntunnya langsung menuju sungai yang nyata dengan airnya yang bening.

Namun, pria itu sekarang lebih haus dari sebelumnya, hanya berdiri di samping air tanpa mengambil begitu banyak air untuk diminumnya. Seseorang mengamatinya dan bertanya tentang perilaku anehnya. “Kau tampak sangat haus, tapi sudah berdiri di situ tanpa meminum air itu. Mengapa?”

Orang itu menjawab, “Yah, aku benar-benar haus, tapi ada terlalu banyak air di sungai ini bagiku, dan saya tidak bisa menghabiskan semuanya!”

Orang ini sebanding dengan seseorang yang disajikan dengan berbagai keuntungan atau ajaran, namun menolak untuk mengambil satu pun karena ia tidak dapat mengambil dan menjaga semuanya. Ia menempatkan dirinya pada siklus tak berujung kehilangan kesempatan. (*)