Find Us On Social Media :

Cara Mudah Malah Menjadi Sulit

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 12 Juni 2013 | 12:00 WIB

Cara Mudah Malah Menjadi Sulit

Intisari-Online.com – Dikisahkan ada seekor burung yang bernyanyi merdu di hutan. Burung itu berhenti dan bertanya kepada seorang petani yang lewat. “Apa yang kau miliki di kotak itu dan kemana kau akan pergi?” Petani itu menjawab bahwa yang ada di kotak cacing dan ia akan ke pasar untuk menjual bulu burung yang indah.

Lalu, burung itu berkata, “Aku punya banyak bulu. Aku akan ambil satu dan memberikannya kepadamu. Sebagai gantinya kau akan memberiku cacingmu untuk aku makan.” Tercapai kesepakatan. Petani itu memberikan cacing untuk burung dan burung itu memetik bulunya dan memberikannya sebagai balasan.

Hari berikutnya hal yang sama terjadi. Begitu seterusnya. Sampai akhirnya bulu burung itu pun habis. Sekarang, burung itu tidak bisa terbang dan berburu cacing lagi. Ia mulai terlihat jelek dan berhenti bernyanyi, dan akhirnya mati.

Pikiran burung ini mencari cara yang mudah untuk mendapatkan makanan, namun ternyata menjadi cara yang sulit setelah semua terlewati. Bukankah hal yang sama berlaku dalam kehidupan kita? Banyak dari kita mencari cara yang lebih mudah dalam mencari rezeki, yang benar-benar berakhir menjadi cara yang lebih tidak mengenakkan. (*)