Find Us On Social Media :

Motivasi Positif atau Negatif

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 4 Juli 2013 | 15:00 WIB

Motivasi Positif atau Negatif

Intisari-Online.com – Ini adalah kisah dua bersaudara. Salah satunya adalah seorang pecandu narkoba dan pemabuk yang sering memukuli keluarganya. Yang lain adalah seorang pengusaha yang sangat sukses dan dihormati dalam masyarakat serta memiliki keluarga yang luar biasa.

Beberapa orang ingin mengetahui mengapa dua bersaudara dari orangtua yang sama ini dan dibesarkan di lingkungan yang sama, bisa begitu berbeda. Seseorang bertanya kepada pemuda pertama, “Mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan saat ini? Anda adalah pecandu narkoba, pemabuk, dan Anda memukuli anggota keluarga Anda. Apa yang memotivasi Anda?”

Pemuda itu menjawab, “Ayah saya.”

Mereka bertanya lagi, “Memangnya kenapa dengan ayahmu?”

Jawab pemuda itu, “Ayah saya adalah seorang pecandu narkoba, pemabuk, dan ia sering memukuli keluarga. Apa yang Anda harapkan dariku? Itulah saya.”

Mereka lalu pergi ke pemuda lain yang melakukan segalanya dengan benar dan bertanya pertanyaan yang sama, “Kenapa Anda melakukan segalanya dengan benar? Apa sumber motivasi Anda?”

Coba tebak, apa jawaban pemuda itu? “Ayah saya. Ketika saya masih kecil, saya terbiasa melihat ayah saya mabuk dan melakukan semua hal yang salah. Saya membuat pikiran saya bahwa itu bukanlah apa yang saya inginkan.”

Kedua pemuda itu mendapatkan kekuatan dan motivasi mereka dari sumber yang sama, tapi ada yang menggunakannya secara positif dan lainnya secara negatif.

Motivasi negatif membawa keinginan untuk memperoleh segala hal dengan cara yang lebih mudah namun terkadang berakhir dengan cara yang lebih menyakitkan. (*)