Find Us On Social Media :

Di Balik Rintangan Ada Kesempatan

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 18 Juli 2013 | 17:00 WIB

Di Balik Rintangan Ada Kesempatan

Intisari-Online.com – Kisah ini berlangsung pada zaman dahulu kala. Seorang raja menempatkan sebuah batu besar di tengah jalan. Lalu ia bersembunyi dan mengamati apakah ada yang akan menyingkirkan batu itu.

Beberapa saudagar kaya yang lewat hanya berjalan di sekitarnya. Banyak dari mereka yang menyalahkan raja karena tidak menjaga jalanan agar terbebas dari hambatan. Tetapi mereka tidak melakukan apa-apa untuk menyingkirkan batu besar itu dari jalan.

Kemudian datang seorang petani yang membawa beban sayuran di pundaknya. Ketika mendekati batu besar itu, petani meletakkan bebannya dan mencoba memindahkan batu besar itu ke sisi jalan.

Setelah berusaha mendorong, akhirnya ia berhasil. Lalu petani itu mengangkat beban sayurannya kembali. Saat itu ia melihat sebuah kantung uang tergeletak di tempat batu besar tadi berada. Isinya banyak koin emas dan sebuah catatan dari Raja yang menyebutkan bahwa koin emas itu milik orang yang telah menyingkirkan batu besar dari tengah jalan.

Sikap petani tersebut memberikan kita pelajaran bahwa setiap rintangan yang akan kita lewati pasti memberikan kesempatan untuk memperbaiki keadaan kita. (*)