Find Us On Social Media :

"Dia Bukan Bebanku, Dia Saudaraku"

By K. Tatik Wardayati, Senin, 28 Oktober 2013 | 21:30 WIB

Intisari-Online.com – Ada seorang anak lelaki kurus berjalan sambil menggendong adiknya yang lumpuh di punggungnya. Melihat itu, seseorang berkomentar dengan penuh rasa iba, "Kasihan kau, nak. Bebanmu pasti berat!" Lalu anak itu menjawab secara spontan sambil tersenyum, "Dia bukan beban buatku pak, dia adalah saudaraku." Itulah ilustrasi di balik lirik lagu pop karangan Bobby Scott dan Bob Russel; "He Ain't Heavy, He's My Brother." Suatu perbuatan yang kadang dipandang sebagai beban oleh seseorang, ternyata tidak bagi orang lain. Tergantung alasannya untuk apa ia melakukan hal tersebut, jika ia melakukannya karena rasa cinta, pasti akan berbeda. Kekuatan terbesar dalam hidup ini adalah cinta. Banyak hal yang tampak menjengkelkan, melelahkan, dan dihindari orang lain ternyata dapat dilakukan dengan setia oleh pelakunya. Karena Cinta membuat cara pandang mereka berbeda. Merawat suami/istri/anak/orangtua atau anggota keluarga yang sakit. Mendampingi anak belajar meski kita sendiri lelah.  Mengantar orangtua berobat rutin. Mengerjakan pekerjaan kantor yang bertumpuk, mengejar target yang diinginkan, merapikan rumah yang selalu berantakan, dll.

Semua hal di atas tentu akan terasa sebagai beban dan berat bila dilakukan dengan keterpaksaan, namun akan terasa berbeda jika dilakukan “dengan penuh cinta”.

Mari menjalankan kehidupan ini dengan semangat dan cinta, agar kita mampu melakukan aktivitas sehari-hari selalu dengan penuh kegairahan dan sukacita. (YDA)