Find Us On Social Media :

Rahasia Hidup Bahagia

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 28 November 2013 | 05:00 WIB

Rahasia Hidup Bahagia

Intisari-Online.com – Di sebuah desa kecil di lembah, hidup seorang pria yang selalu bahagia, baik, dan selalu berbuat kebaikan kepada semua orang yang ditemuinya. Ia selalu tersenyum, dan selalu berkata apa pun untuk menyapa. Setiap orang yang bertemu dengannya, akan merasa lebih baik, lebih bahagia, dan gembira. Orang-orang tahu mereka bisa mengandalkannya, dan menganggapnya sebagai teman baik.

Salah seorang penghuni desa ingin tahu apa rahasianya, dan bagaimana ia selalu begitu baik dan berguna. Ia bertanya-tanya, bagaimana mungkin pria itu tidak mempunyai dendam terhadap siapa pun dan mengapa ia selalu bahagia.

Sekali waktu mereka bertemu, penghuni desa itu bertanya kepada pria bahagia itu, “Kebanyakan orang egois dan puas. Mereka tidak tersenyum sesering yang Anda lakukan, juga tidak membantu seperti Anda. Bagaimana Anda menjelaskannya?”

Pria itu menjawab, “Ketika Anda berdamai dengan diri sendiri, Anda bisa berada dalam kedamaian dengan seluruh dunia. Jika Anda dapat mengenali semangat dalam diri sendiri, Anda dapat mengenali semangat dalam diri setiap orang, dan kemudian Anda merasa alami untuk bersikap baik dan kebaikan kepada semua orang. Jika pikiran Anda berada di bawah kendali Anda, Anda menjadi kuat dan kokoh. Kepribadian seperti robot yang diprogram untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Kebiasaan Anda dan pikiran adalah alat-alat dan program yang mengendalikan kepribadian Anda. Menjadi bebas dari yang diprogram, kemudian baik batin dan kebahagiaan dalam diri Anda akan terungkap.”

“Tapi banyak pekerjaan yang harus dikerjakan untuk itu. Kebiasaan yang baik harus dikembangkan. Kemampuan untuk berkonsentrasi dan mengendalikan pikiran harus diperkuat. Pekerjaan sulit dan tak ada habisnya. Ada banyak dinding yang diperlukan untuk naik. Hal ini bukan tugas yang mudah,” sesal orang desa itu.

“Jangan berpikir tentang kesulitan, jika tidak, ini adalah apa yang Anda lihat dan alami. Tenangkan perasaan dan pikiran Anda, dan mencoba untuk tetap dalam damai. Mencoba untuk bersikap tenang, dan jangan biarkan diri terbawa oleh pikiran Anda sendiri,” jawab pria bahagia itu.

“Itukah semua benar?” tanya orang desa itu lagi.

“Cobalah untuk menjaga pikiran Anda dan melihat bagaimana mereka datang dan pergi. Tinggal ketenangan yang muncul. Saat-saat damai akan singkat pada awalnya, tetapi lama-kelamaan akan semakin panjang. Perdamaian ini juga kekuatan, kekuasaan, kebaikan, dan cinta. Anda kemudian akan menyadari bahwa Anda adalah salah satu kekuatan dunia. Ini akan menyebabkan Anda untuk bertindak dari dimensi yang berbeda, bukan dari egois, kecil, ego yang terbatas.”

“Saya akan mencoba mengingat kata-kata Anda,” kata orang desa itu dan melanjutkan, “Ada hal lain yang ingin saya tahu tentang Anda. Tampaknya Anda tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Anda memiliki kata-kata yang baik untuk semua orang, dan sangat membantu. Namun, orang-orang pun memperlakukan Anda dengan baik, dan tidak memanfaatkan kebaikan Anda.”

“Menjadi baik dan bersikap baik tidak selalu menunjukkan kelemahan. Ketika Anda baik, Anda pun menjadi kuat. Orang merasakan kekuatan batin Anda, dan karena itu tidak memaksakan pada Anda. Ketika Anda kuat dan tenang di dalam, Anda membantu orang, karena Anda bisa, dan Anda ingin. Anda kemudian bertindak dari kekuatan dan bukan dari kelemahan. Kekuasaan dan kekuatan akan  hilang, itu bukan tanda kelemahan, karena beberapa orang keliru berpikir.

“Terima kasih banyak atas saran dan penjelasan Anda,” kata orang desa itu dengan bahagia dan puas.