Find Us On Social Media :

Banyak Hal Luar Biasa, Berawal dari Hal Kecil

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 12 Desember 2013 | 14:00 WIB

Banyak Hal Luar Biasa, Berawal dari Hal Kecil

Intisari-Online.com – Suatu kali Benyamin Franklin pernah berkata, “Pukulan-pukulan kecil dapat menumbangkan pohon yang besar!”

Memang mengherankan. Banyak hal penting dan besar di dunia ini berasal dari hal-hal kecil.

Tahukah Anda bahwa sarang laba-laba di sebuah kebun merupakan inspirasi pembuatan jembatan gantung? Suara ketel di atas kompor memberi inspirasi penciptaan mesin uap?

Sebuah apel yang jatuh dari pohon memberi inspirasi penemuan hukum gravitasi. Cakar ayam menginspirasi pembuatan pondasi yang kokoh sebuah bangunan atau jembatan.

Prinsip serupa juga berlaku dalam banyak sisi kehidupan, berbisnis, dan bermasyarakat. Pekerjaan besar tidak akan pernah ada tanpa dimulai terlebih dahulu dari pekerjaan yang kecil dan sederhana.

Kadang kala seseorang iri hati melihat seseorang sukses menduduki posisi atau jabatan penting dalam sebuah perusahaan. Banyak orang yang tidak melihat perjuangan yang telah dilakukan selama ini untuk mencapai posisi tinggi itu.

Ketika kita diberi kepercayaan suatu pekerjaan, jangan pernah menolak hanya karena pekerjaan itu tampak kecil atau remeh-temeh. Untuk menjadi besar kita bisa memulai dengan hal-hal yang oleh sebagian orang dianggap sebagai hal kecil.

Besar-kecilnya pekerjaan atau pelayanan kita adalah kesetiaan dalam menjalaninya. Kesetiaan kita dalam perkara kecil mempersiapkan kita untuk dipercaya dalam perkara yang lebih besar. (YDA)