Find Us On Social Media :

Menyembuhkan Stroke di Pantai Kejawanan

By Agus Surono, Minggu, 1 Mei 2011 | 13:39 WIB

IntMeski termasuk daerah pesisir, Cirebon tak banyak memiliki pantai yang bisa dijadikan sebagai objek wisata. Dari sedikit itu, Pantai Kejawanan bisa dijadikan tujuan saat ke Cirebon.

Saat bertanya pantai yang layak buat main anak-anak, petugas bagian depan sebuah hotel di Cirebon agak kebingungan menjawabnya. Lalu dari mulutnya terlontar nama Pantai Kejawanan. Arahnya menuju ke Tegal. Itu saja petunjuk yang aku peroleh. Setelah menaruh barang dan istirahat sejenak, sekitar pukul 16.00 aku pun beranjak menuju Pantai Kejawanan.

Berbekal gps Edge 705, aku mencoba mengeset arah ke Tegal sambil mengira-kira wilayah mana yang layak jadi lokasi Pantai Kejawanan ini. Setelah bolak-balik di jalur jalan utama menuju Tegal akhirnya terlihat sebuah jalan yang menuju ke pesisir. Aku mengarahkan kendaraan ke situ dan benar. Plang tempat pelelangan ikan dan Pantai Kejawanan terlihat di pinggir jalan.

Sekitar 200 m ada portal dan petunjuk arah: tempat pelelangan lurus, wisata pantai belok kanan. Menyusuri jalan selebar sekitar 5 m akhirnya sampai juga di pinggir pantai. Sayang hari sudah gelap karena mendung dan sudah sepi. Kata penjaga di situ lebih ramai kalau pagi hari. Ya sudah, aku pun balik dan tak lupa menandai lokasi itu di GPS - S6o44'03.3" E108o34'58.2".

Esok paginya tanpa sarapan langsung kembali ke Pantai Kejawanan. Kali ini tentu tanpa tersesat lagi. Sudah ada satu mobil parkir saat saya sampai di tempat parkiran. Setelah membayar tiket masuk - sebenarnya tiket parkir sebab tiket masuk terserah kata yang jaga, saya langsung menuju ke pantai. Awalnya kaget juga karena ternyata pasir pantainya tidak ada. Jadi air laut langsung menerjang tembok pembatas yang menjadi pembatas daratan dan lautan. "Kalau agak siang terlihat pasirnya," kata seorang ibu-ibu yang menawarkan perahu karetnya.

Nun di kejauhan sana terlihat dua orang ibu-ibu sedang berendam. Dangkal kelihatannya sebab pas berdiri air hanya mencapai lutut. Melihat-lihat keadaan, anak-anak malah lebih suka naik perahu menuju ke tengah sana. Ya sudah, naik perahu dulu. "Rp 5.000,- per orang," kata pemilik perahu. Tujuan perahu adalah mercu suar yang ada di tengah sana lalu memutar dan kembali lagi. Mercu suar digunakan untuk membimbing perahu agar masuk ke dermaga pelelangan ikan dengan lancar.

Tak jauh dari mercu suar terlihat banyak orang memancing. Saya tanya ke tukang perahu katanya banyak ikan kakap di seputaran pantai ini. Gelombang di tengah lumayan tinggi sehingga membuat perahu terantuk-antuk. Tapi anak-anak menikmatinya. Nun di kejauhan sana, G Ciremai terlihat jelas dengan awan menutupi puncaknya.

Selesai naik perahu akhirnya anak-anak kepingin masuk air juga. Puas main air akhirnya tertarik naik perahu karet juga. Ya sudah, akhirnya mereka naik perahu sampai agak jauh dan ternyata memang dangkal di sana.

Sambil menunggu anak-anak main perahu saya ngobrol dengan penjaga warung yang banyak bertebaran tak jauh dari tempat sandarnya perahu yang kami naiki tadi. Tak lupa saya tanyakan soal aktivitas ibu-ibu di tengah yang berendam tadi. Ternyata pantai ini dipercaya memiliki kekuatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan stroke. "Dulu tahun 2009 tiap Sabtu-Minggu sampai penuh pantai ini. Dulu ada kebiasaan untuk membuang pakaian yang sudah dipakai untuk berendam di pantai ini. Sampai penuh dan mungkin ada bertruk-truk setelah dikumpulkan."

Selain Sabtu - Minggu, tiap hari Jumat banyak orang yang datang ke pantai ini untuk menyembuhkan penyakitnya. Tak hanya dari Cirebon saja, pengunjung berasal dari Majalengka, Indramayu, dan daerah seputar Cirebon.

Sayangnya, masih banyak sampah - plastik terutama - bertebaran di dasar pantai.