Find Us On Social Media :

Setu Babakan: Oase Yang Tersembunyi

By Agus Surono, Jumat, 10 Juni 2011 | 15:25 WIB

Setu Babakan: Oase Yang Tersembunyi

Ingin menikmati suasana yang lain di Jakarta? Datanglah ke Setu Babakan, yang digagas sebagai Kampung Betawi. Dulu Condet ditetapkan sebagai cagar budaya kampung Betawi. Sayangnya sudah tak tampak lagi ke-Betawi-annya. Pembangunan yang pesat membuat Condet mulai luntur sebagai cagar budaya. Nah, Setu Babakan dimunculkan sebagai penggantinya. Dalam rangka bulan Jakarta, yuk menengok Setu Babakan, di Kecamatan Srengseng Sawah Jakarta Selatan.

Penetapan Setu Babakan sebagai sebuah kawasan Cagar Budaya Betawi dilakukan pada tahun 2004, bersamaan dengan peringatan HUT DKI Jakarta ke-474. Perkampungan ini dianggap masih mempertahankan dan melestarikan budaya khas Betawi, seperti bangunan, dialek bahasa, seni tari, seni musik, dan seni drama.

Tak hanya wisata budaya yang bisa dinikmati di Setu Babakan. Wisata alam bermodalkan setu atau danau bisa Anda nikmati saat berkunjung ke sini. Dua danau, yakni Mangga Bolong dan Babakan, biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk memancing atau sekedar bersenda gurau dan menikmati suasana sejuk di pinggir danau. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa perahu untuk menyusuri dan mengelilingi danau. Jika takut air, sewa delman saja dan berkeliling kampung untuk mengenal lebih dekat budaya Betawi.

Sebagai sebuah kawasan cagar budaya, Perkampungan Setu Babakan hingga saat ini telah dilengkapi fasilitas-fasilitas umum, seperti tempat ibadah, panggung pertunjukan seni, tempat bermain anak-anak, teater terbuka, wisma, kantor pengelola, galeri, dan pertokoan suvenir. Selain itu, di perkampungan ini juga telah tersedia studio foto. Dengan fasilitas ini pengunjung dapat berfoto menggunakan busana adat khas Betawi dengan lokasi pemotretan yang disesuaikan dengan keinginan pengunjung.

Di dalam kampung Betawi juga terdapat rumah-rumah Betawi yang disewakan untuk umum. Ada empat rumah betawi yang bisa disewa, entah mau digunakan untuk arisan, temu alumni, kumpul bocah, atau sekadar foto pre-wedding. Cuma harus memberitahukan dulu ke pengurus di nomor telepon 021-7862861. Di lokasi ini juga ada panggung untuk unjuk diri. Tempat duduk bertebaran di pinggir ruang terbuka depan panggung.

Hari Minggu merupakan hari ramai di sini. Terlebih di bulan Juni ini. Ada banyak acara bernuansa Betawi. Maka, jangan lupa agendakan ke tempat ini.

Setu Babakan Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan