Find Us On Social Media :

Ada Menara Eiffel di Limboto

By Novani Nugrahani, Kamis, 9 Februari 2012 | 13:10 WIB

Ada Menara Eiffel di Limboto

Intisari-Online.com - Siapa tak kenal menara Eiffel? Ikon khas negara Prancis yang dirancang oleh Gustave Eiffel itu kini menjadi salah satu bangunan yang paling banyak dikunjungi orang dari seluruh penjuru dunia. Menara setinggi 325 m itu kini telah menjadi landmark utama Kota Paris.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat sebuah menara mirip Eiffel di wilayah Limboto, Gorontalo? Entah terinspirasi dari mahakarya Gustave Eiffel atau tidak, menara yang disebut sebagai Menara Keagungan ini sekilas lalu struktur bangunannya memang mirip dengan Eiffel. Menara setinggi 60 meter ini memang ditujukan sebagai objek wisata. Sayangnya, kondisi bangunan yang usianya belum genap 10 tahun ini sudah cukup mengkhawatirkan.

Jika ingin naik hingga ke puncak menara, kita bisa menggunakan lift yang akan mengantar kita ke lantai dua. Di lantai dua, kita bisa berpindah lift yang lalu akan membawa kita ke puncak menara. Selain menggunakan lift, pengunjung juga bisa mencapai puncak dengan menaiki anak tangga. Sayangnya, fasilitas Menara Keagungan ini terlihat sudah tak terurus. Toilet yang ada tak bisa dipergunakan dan yang mencemaskan adalah banyaknya pelindung di sisi menara yang sudah hilang atau pecah sehingga pengaman sisi menara hanya dibatasi oleh teralis besi.

Meskipun pemandangan yang dapat dilihat dari atas menara cukup menyegarkan mata, tapi tiupan angin serta dek pantau yang cukup sempit membuat menara ini tak layak dikunjungi oleh keluarga yang membawa serta anak-anak kecil. Jika memang Menara Keagungan ini dimaksudkan untuk mengekor kesuksesan si cantik Eiffel, sebaiknya pemerintah setempat harus lebih memperhatikan perawatan serta tingkat keamanan menara ini. Bukankah Gustave Eiffel pun merancang mahakaryanya dengan presisi dan tidak asal-asalan?