Find Us On Social Media :

Mengunjungi Museum Polri

By Agus Surono, Jumat, 22 Maret 2013 | 17:00 WIB

Mengunjungi Museum Polri

Intisari-Online.com - Lokasinya tak jauh dari Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia di daerah Kebayoran Baru. Sebuah patung Bapak Kepolisian RI  berdiri di depan museum, bersebelahan dengan helikopter. Dua penanda itu amat mudah terlihat dari jalanan.

Memasuki gedung, nuansa bangunan modern terasa. Tak perlu membayar tiket masuk, pengunjung bisa langsung menikmati koleksi yang bercerita tentang perjalanan Kepolisian Negara RI mulai awal terbentuk sampai sekarang. Layar multimedia di salah satu pojok bisa menjadi awal untuk menjelajah.

Bangunan tiga lantai ini terdiri atas beberapa ruang display. Ada Ruang Koleksi dan Peristiwa, Ruang Sejarah, Hall of Fame, Ruang Kepahlawanan, Ruang Simbol dan Kesatuan, Ruang Penegakan Hukum, dan Kids Corner. Semua ditata dengan sentuhan modern. Jejak-jejak Polri dalam mengungkat berbagai kasus terorisme terekam jelas di salah satu ruangan.

Di Kids Corner anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dan negara bisa mengenal sejak dini tentang tugas dan fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Anak-anak akan dibawa ke dalam alam "nyata" seakan mereka menjadi petugas polisi sungguhan, menjadi penyidik (detektif), petugas Samapta, atau petugas patroli. Melakukan pencarian jejak, petunjuk dan mencoba belajar menjadi seorang penyidik.

Jika Sabtu besok belum ada agenda, Museum Polri bisa menjadi pilihan untuk berwisata bersama keluarga.

Alamat:Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia (Museum Polri)Jl. Trunojoyo No. 3Kebayoran BaruJakarta Selatan 12110

Telp. 021 721 0654

Jam Kunjungan: Selasa - Minggu 09.00 - 16.00