Find Us On Social Media :

Ancol Ramai Sejak Zaman Belanda

By Moh Habib Asyhad, Senin, 13 Mei 2013 | 19:00 WIB

Ancol Ramai Sejak Zaman Belanda

Intisari-Online.com - Tidak ada yang menyangkal bahwa Ancol adalah tempat wisata paling populer di Jakarta. Setiap akhir pekan dan musim liburan tiba, kawasan pantai yang berada di utara Jakarta itu selalu penuh sesak oleh kerumunan pengunjung.

Tapi, tahukah Anda, sejak kapan Ancol sebenarnya telah ada?

Pantai Ancol resmi dibuka oleh Presiden Soekarno pada 1966, dan semakin mulai populer sejak 21 silam ketika menjadi bagian penting dari megapoyek Taman Impian Jaya Ancol (TIJA).

Beberapa data menyatakan bahwa Pantai Ancol telah ada dan menjadi tempat kunjungan wisata sejak tiga abad silam. Kala itu Ancol masih bernama Slingerland. Bukti paling sahih adalah lukisan Johannes Rach yang berangka tahun 1772. Dalam lukisan tersebut, digambarkan bagaimana noni-noni Belanda, dengan ditemani seorang babu yang memayunginya, tengah menikmati Pantai Ancol.

Bukti lain yang menunjukkan bahwa Ancol telah menjadi tujuan wisaya masa Belanda adalah foto dari KITLV yang berangka tahun 1915 dengan judul “Antjol met de Reede van Batavia”. Dalam foto tersebut juga digambarkan bahwa Ancol telah begitu ramai oleh kapal-kapal wisata yang mengelilinginya. Selain sebagai tempat wisata, waktu itu, Ancol juga masih berfungsi sebagai pangkalan laut Belanda yang ada di Batavia. (Waktu Belanda Mabuk Lahirlah Batavia dan KITLV)