Find Us On Social Media :

9 “Tweet” Ini Kalahkan Kecepatan Media Massa

By Ade Sulaeman, Jumat, 20 Desember 2013 | 09:00 WIB

9 ?Tweet? Ini Kalahkan Kecepatan Media Massa

Intisari-Online.com - Informasi yang berasal dari para pengguna twitter di seluruh dunia, kerap kali mengalahkan kecepatan penyajian berita di media massa baik itu televisi, online, radio apalagi untuk berita versi cetak.

Sembilan tweet berikut, benar-benar menyajikan peristiwa dan fakta yang mengalahkan kecepatan berita di media dalam hal menyajikan informasi. Beberapa diantaranya bisa menjadi berita kategori ekslusif untuk media.

1. Pengumuman Royal Weeding

16 november 2010 pukul 6.04 pagi, akun twitter @clarenceHouse untuk pertama kalinya mengumumkan tentang perhelatan akbar pernikahan kerajaan inggris.

2. Gempa Bumi di China

Akun Twitter @dtan untuk pertama kalinya menyebarkan informasi mengenai peristiwa gempa bumi yang menghantam China. Tweet tersebut dikirimkan pada tanggal 12 Mei 2008 pada pukul 1.37 siang. "EARTHQUAKE in Beijing?? Yup...@keso I Felt it too!!" demikian isi tweet tersebut sementara saat itu belum ada satu pun media yang memberitakan peristiwa tersebut.

Bahkan tweetnya ini lebih cepat dari informasi resmi yang dilaporkan oleh United States Geological Survey.

3. Kematian Whitney Houston

Akun Big Chorizo yang beralamat di @Chilemasgrande menjadi orang pertama yang menuliskan informasi tentang kematian diva pop dunia Whitney Houston. "My sources say Whitney Houston found dead in Beverly hills hotel..Not in the news yet!!" demikian isi tweet yang dikirimkan pada 12 Februari 2012 pada pukul 7.30 pagi.

4. Kecelakaan pesawat di Sungai Hudson

Kecelakaan pesawat yang terjadi di Sungai Hudson, kali pertama dilaporkan oleh pengguna twitter yang beralamat di @jkrums. Ia juga menyertakan foto yang diambil langsung dari tempat kejadian. "There's plane in the Hudson. I'm on the ferry going to pick up the people. Crazy" tulisnya dalam tweet yang dikirimkan pada tanggal 15 Januari 2009 pada pukul 8.36 malam.

5. Talkshow kandidat calon presiden Newt Gingrich's