Find Us On Social Media :

Akhirnya, Winamp Selamat dari Ancaman Kematian

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 16 Januari 2014 | 09:00 WIB

Akhirnya, Winamp Selamat dari Ancaman Kematian

Intisari-Online.com - Bagi para penikmat musik di komputer, pasti mengenal Winamp, alat pemutar paling populer pada zamannya. Winamp, aplikasi pemutar musik yang terancam mati ini akhirnya kembali hidup.

Tentu saja ini menjadi berita bahagia. Pasalnya, aplikasi tersebut telah diakuisisi oleh Radionomy dari pemiliknya, AOL. Tidak tanggung-tanggung, selain mengambilalih kepemilikan Winamp, Radionomy juga turut mengakuisisi Shoutcast, layanan radio internet yang juga dimiliki oleh AOL.

Dikutip dari CNet, persyaratan kesepakatan akuisisi tersebut tidak diungkap secara rinci, meskipun situs berita De Tijd yang berbasis di Belgia mengatakan, Radionomy membeli sebagian saham dari AOL sebagai bentuk pendanaan yang baru. Dengan adanya akuisisi ini, Winamp akan berada di bawah manajemen yang baru.

Berbicara di hadapan De Tijd, pemilik Radionomy Alexandre Saboundjian mengaku percaya jumlah pengguna Winamp akan terus tumbuh. Untuk mencapai hal itu, Radionomy juga memiliki gagasan untuk mengembangkan aplikasi Winamp terbaru bagi pengguna smartphone berbasis iOS dan Android.

Sayangnya, pengembangan aplikasi tersebut sepertinya tidak bisa berjalan dengan cepat karena baru bisa diselesaikan pada akhir tahun ini.

Proses akuisisi ini juga menjadikan Winamp memiliki kemampuan akses ke lebih dari 60.000 stasiun radio internet, dukungan 60 format audio dan video, menyajikan lebih dari 6.000 add-ons yang meliputi, plug-in, layanan online, visualisasi, dan tools untuk mengelola podcast.

Selain itu, perangkat lunak ini juga akan tersedia dalam 16 bahasa yang berbeda. Jadi, buat apa bersedih hati, toh, Winamp tak jadi mati dan akan kembali lagi.(Eko Lannueardy|CHIP)