Find Us On Social Media :

Jelly Bean Raja di Pasar Android

By Ade Sulaeman, Senin, 20 Januari 2014 | 13:00 WIB

Jelly Bean Raja di Pasar Android

Intisari-Online.com - Setiap bulan, Google selalu merilis pergerakan distribusi sistem operasi Android yang mereka kembangkan.

Hal ini bertujuan untuk memberitahukan ke pengembang terkait kepopuleran versi Android yang beredar saat ini. Secara rinci, Google juga memberikan wawasan terkait masalah fragmentasi Android.

Untuk bulan Januari 2014, pangsa pasar Android Jelly Bean (4.1.x, 4.2.x dan 4.3.x) telah mengalami lonjakan hingga mendekati angka 60 persen.

Pada bulan lalu, versi Jelly Bean hanya mencatat angka sebesar 54,5 persen. Gingerbread (2.3.x) dan Ice Cream Sandwich (4.0.x) terus mengalami penurunan. Pada bulan Januari ini, Gingerbread hanya tercatat sebesar 21,2 persen dan ICS turun menjadi 16,9 persen. Menariknya, Android versi terbaru, 4.4 KitKat mampu meraih angka 1,1 persen, Januari ini, KitKat sedikit mengalami kenaikan menjadi 1,4 persen.

Peningkatkan Android 4.4 KitKat akan terus berjalan seiring banyaknya produsen smartphone maupun tablet yang siap mengadopsi sistem operasi tersebut.

Versi Android yang lebih tua, seperti Froyo dan Honeycomb sedikit demi sedikit sudah mulai ditinggalkan. Banyak developer yang meminta Google untuk segera menghapus kedua sistem operasi tersebut.

Bisa diperkirakan, beberapa bulan ke depan, Android Jelly Bean masih akan menjadi raja hingga banyak produsen smartphone yang memperbarui perangkat mereka untuk beralih ke Android 4.4 KitKat. (Eko Lannueardy/chip.cio.id)