Find Us On Social Media :

Facebook Bakal Punya Koran?

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 21 Januari 2014 | 11:00 WIB

Facebook Bakal Punya Koran?

Intisari-Online.com - Namanya adalah Facebook Paper. Layanan terbaru jejaring sosial Facebook dengan format koran digital tersebut kabarnya akan segera bisa dinikmati di perangkat mobile di akhir Januari ini setelah beberapa kali mengalami percobaan dan uji desain tampilan.

Kabarnya, layanan “news reading” serupa RSS feed reader ini akan mirip dengan Flipboard, aplikasi untuk membaca berita. Seperti yang dikutip kompas.com dari Recode, fitur ini akan memiliki dua wujud; pertama aplikasi mobile terpisah, dan kedua tampilan web yang disesuaikan untuk perangkat mobile.

Seperti Flipboard, koran Facebook ini juga akan menampilkan berbagai berita dari beragam publikasi seperti The New York Times, The Washington Post, bersamaan dengan update status dari para pengguna Facebook di seluruh dunia.

“Sekilas, itu seperti koran,” tulis Recode.

Peluncuran Facebook Paper adalah bagian dari rancangan ambisi besar Facebook sebagai basis pencarian berita. Pada 2013 lalu, jejaring sosial dengan warna khas biru ini berusaha menampilkan kejadian-kejadian penting di dunia di halamannya.

Akhir tahun 2013, Facebook mengubah algoritma dalam jejaring sosialnya agar lebih banyak menampilkan berita dibanding foto atau update status tak penting.

Jika benar Paper akhirnya bisa diluncurkan akhir Januari ini, tentu saja ini menjadi akhir dari penantian panjang tim pengembangnya. Bagaimana tidak, setelah mengalami beberapa kali penundaan, Facebook Paper akhirnya keluar juga.

Meski demikian, ada pekerjaan rumah baru yang akan menanti mereka. Tantangan terbesar Facebook adalah bagaimana bisa menarik audiens untuk menggunakan dan menikmati aplikasi terbaru tersebut. (Reza Wahyudi|kompas.com