Find Us On Social Media :

WikiVIP, Wikipedia Versi Rekaman

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 29 Januari 2014 | 13:30 WIB

WikiVIP, Wikipedia Versi Rekaman

Intisari-Online.com - Ensiklopedia bebas Wikipedia menambahkan fitur rekaman suara pada layanannya. Proyek baru dari Wikipedia yang bernama WikiVIP. Fitur ini akan merekam suara para selebriti dan tokoh terkenal di dunia untuk ensiklopedia online itu.

WikiVIP sejatinya adalah akronim dari Wikipedia Voice Intro Project, yang digagas oleh editor Wikipedia Andy Mabbett dan Andrew Gray. Tujuannya, memungkinkan pembaca untuk mendengarkan rekaman suara para selebriti dan tokoh dunia.

Fitur ini nampaknya akan berguna jikalau selebriti atau tokoh dunia itu telah meninggal dunia. Sehingga, generasi masa depan bisa mendengar suara mereka, selain membaca sejarahnya dari artikel.

Dimulai dari Stephen Fry

Proyek ini telah dimulai dengan merekam suara Stephen Fry, seorang aktor, komedian, penulis, dan pembuat film berkebangsaan Inggris. Ia merekam suara untuk halaman yang berisi tentang profil dan sejarah hidupnya di Wikipedia.

Wikipedia berharap para selebiriti dan tokoh dunia lain turut berpartisipasi dalam proyek ini, agar suaranya dapat menghiasi halaman orang terkait.

Untuk fitur suara, sebenarnya ini bukan proyek pertama. Beberapa tahun yang lalu, Wikipedia telah mulai memperkaya layanannya dengan fitur suara. Namun, fitur suara itu hanya menyajikan rekaman lagu kebangsaan pada halaman suatu negara.

Wikipedia didirikan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger pada 2001. Layanan ini dikelola oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Proyek Wikipedia bertujuan memberi ilmu pengetahuan secara bebas dan disajikan dalam berbagai bahasa. (kompas.com)