Find Us On Social Media :

Android Juga Bisa Diunduh di Blackberry

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 7 Februari 2014 | 09:00 WIB

Android Juga Bisa Diunduh di Blackberry

Intisari-Online.com - Ini seolah sebuah misi balas dendam. Setelah beberapa waktu yang lalu BlackBerry mengumumkan bahwa layanan andalannya Blacberry Messenger bisa diunduh di ponsel berbasis Android—dan iOS—kini tersiar kabar bahwa BlackBerry membuka pintu bagi aplikasi Android dengan format APK.

Itu artinya, para pengguna Blackberry 10 dapat memasang aplikasi Android dengan cara mengunduhnya dari mana pun. Berikutnya muncul pertanyaan, bagaimana menginstal file APK ke perangkat BlackBerry?

Secara tersurat, perusahaan telekomunikasi asal Kanada ini tidak menjelaskannya secara gamblang proses pemasangan, namun, jika ditelisik lebih lanjut, proses pemasangannya tidaklah terlalu ribet.

Crackberry memberi beberapa bocoran cara memasang Android di BlackBerry 10.2.1:

-         Cari file APK

File ini tidak harus dicari di toko aplikasi BlackBerry World, sumbernya ada di mana saja asal aplikasi berformat APK dan dirancang untuk sistem, setidaknya, Android 4.2.2 Jelly Bean. BlackBerry mengakui, karena tidak aplikasi ini tidak diambil dari Google Play Store, keamanan file belum tentu aman.

Sebenarnya ada cara yang lebih aman: dari Amazon App Store, 1Mobile Market, APK Train (situs web), dan Snap APK Downloader. Pengguna tinggal memilih APK mana yang akan dipakai. Keamanannya juga terjamin.

-         Pindah file APK ke BlackBerry

Setelah mendapatkannya, pindahkan ke perangkat BlackBerry (ada beberapa pengguna yang bisa mengunduh APK dari BlackBerry). Caranya dengan mengirimkan file melalui email sendiri atau menyalin file tersebut dengan cara manual menggunakan kabel data.

-         Instalasi file APK dari BlackBerry

Jika langsung mengunduh dari BlackBerry, jendela “unduh” akan terbuka untuk menanyakan nama yang akan digunakan menyimpan file tersebut. Klik file pasca diunduh, maka proses instalasi akan berjalan. Jika dipindahkan dengan kabel data, cara termudah adalah menemukan file tersebut menggunakan fitur “search”, jika sudah ketemu, klik file untuk intalasi.

Untuk diperhatikan, ada dua hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum proses instalasi. Pada bagian setting, pilihlah App Manager, kemudian pilih “Installing Apps”. Ubah setting menjadi “On”, dengan mengubah pengaturan, perangkat sudah bisa dipasangkan aplikasi dari luar BlackBerry World. (Fajar Anjungroso|tribunnews.com)