Find Us On Social Media :

Chip Ini Bisa Mendengar Bakteri "Ngobrol"

By Axel Natanael Nahusuly, Rabu, 12 Februari 2014 | 15:00 WIB

Chip Ini Bisa Mendengar Bakteri

Intisari-Online.com - Para peneliti di Columbia University menemukan chip yang tidak hanya dapat menunjukkan gambar elektrokimia dari bakteri, tapi juga dapat mendengar bakteri ketika mereka sedang "berbicara" satu sama lain.

Melihat bakteri menggunakan mikroskop mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi para peneliti. Saat ini para ahli mulai beralih dari alat yang berbasis optik kepada pengembangan chip yang berbasis teknologi sirkuit terpadu. Chip ini dapat mendengar mikroorganisme itu dengan baik.

Chip ini adalah sebuah kaca ‘aktif’ yang tidak hanya membantu mengetahui bentuk kumpulan bakteri, tapi juga mendengarkan ketika mereka "berbicara" satu sama lain,” Profesor Fakultas Teknik Columbia University serta ketua penelitian, Ken Shepard mengatakan dalam rilis berita sekolah.

Dalam jurnal Nature Communication, para peneliti berharap alat ini tidak hanya bisa mendengarkan, tapi juga bisa menginterupsi percakapan dan pembentukan bakteri. Jadi secara teori, suatu hari nanti alat-alat medis seperti kateter bisa dilengkapi teknologi untuk mendeteksi, membatasi, dan mengontrol bakteri. (cnet.com)