Find Us On Social Media :

Nokia X Untungkan Pengembang Aplikasi Indonesia

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 25 Februari 2014 | 15:00 WIB

Nokia X Untungkan Pengembang Aplikasi Indonesia

Intisari-Online.com - Penerapan sistem Android pada ponsel pintar binikan Nokia ternyata menghadirkan berita bahagia bagi pengembang aplikasi Indonesia. Bagi para penggembang ini, platform terbaru Nokia ini adalah tambang emas yang siap dikeruk.

Banyak pengembang aplikasi di Indonesia yang mengandalkan Nokia Store untuk mendulang uang. Nokia Store mendaku akan menerapkan sistem pembelian aplikasi digital dengan metode potong pulsa. “Ini sangat menguntungkan untuk developer Indonesia karena kita tahu pengguna kartu kredit di Indonesia masih sedikit,” kata Abdullah dari YafiLabs.

Abdullah masih yakin, konsumen Indonesia masih menyukai potong pulsa daripada memakai kartu kredit ketika membeli aplikasi. Nokia sendiri akan menerapkan sistem bagi hasil dalam penjualan aplikasi berbayar: 70 persen untuk pengembang dan sisanya masuk kantong Nokia.

Pengembang dari Indonesia menilai Nokia sangat mendukung ekosistem aplikasi di Indonesia, seperti membantu promosi dengan memajang aplikasi buatan Indonesia di tempat strategis yang mudah dilihat di Nokia Store. Langkah ini dapat meningkatkan trafik unduhan aplikasi asal Indonesia.

Adib Toriq dari perusahaan pengembang aplikasi AlgoStudio yang membuat aplikasi Blasnote, mengaku akan memaksimalkan aplikasinya untuk Nokia X sejak jauh-jauh hari. Bagi Adib, memaksimalkan sebuah aplikasi atau game dari Android ke Nokia X sangat mudah, tidak membutuhkan upaya besar.

Para pengembang percaya Nokia X akan meraih sukses di Indonesia, karena nama besar Nokia yang terkenal selalu menyematkan komponen hardware yang baik untuk perangkatnya. Andri berpendapat, ponsel Nokia memiliki fisik yang kokoh.

Harga juga menjadi faktor utama daya tarik Nokia X, yang besar kemungkinan dijual seharga Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta. Namun, belum diketahui kapan Nokia X akan masuk ke pasar Indonesia. (Aditya Panji|kompas.com)