Find Us On Social Media :

Uji Coba dengan Direndam, Ponsel “Kedap Air” Malah Rusak

By Chatarina Komala, Senin, 3 Maret 2014 | 18:45 WIB

Uji Coba dengan Direndam, Ponsel ?Kedap Air? Malah Rusak

Intisari-Online.com – Ada perbedaan mendasar antara istilah “tahan air” (water resistant) dan “kedap air” (waterproof). Namun, CEO Archos Loic Poirier rupanya melupakan perbedaan ini ketika melakukan demonstrasi produk di Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol.

Kedap air (waterproof) sendiri mengacu pada perangkat yang dapat dicemplungkan ke dalam air hingga kedalaman tertentu. Sementara, istilah “tahan air” (water resistant) merujuk pada perangkat yang bisa bertahan sekadar dari cipratan saja.

Sebagaimana dilaporkan oleh Phone Arena, dalam sebuah sesi demonstrasi, Poirier hendak menunjukkan ketangguhan smartphone 5 inci buatan perusahaannya. Ponsel pintar itu dirancang melalui kerjasama dengan spesialis peralatan outdoor Quecha dan disebut sebagai perangkat yang bisa diajak berpetualang naik gunung. Di depan kru TV M6 dari Perancis, Poirier menjatuhkan ponsel tersebut ke lantai sebagai uji ketangguhan pertama. Sehabis itu, ia mencemplungkannya ke sebuah wadah yang penuh berisi air. Beberapa saat kemudian, Poirier mengeluarkan si ponsel dari dalam air dan dengan penuh percaya diri mencoba menyalakannya. Namun, hal itu gagal dan si ponsel tetap tak menyala. Beberapa kali dicoba, layar ponsel tetap gelap. Perangkat itu rupanya telah rusak. Ponsel buatan Archos ini rupanya hanya memiliki sertifikasi IP54 alias hanya tahan terhadap "cipratan air dari segala sisi". Berbeda dengan perangkat lain yang memiliki sertifikasi lebih tinggi seperti  Galaxy S4 Active atau Xperia Z1, ia tak bisa "berendam" di air. Sayang, nasi sudah menjadi bubur. Kejadian tersebut terlanjur terekam dalam video dan beredar luas di dunia maya. (Kompas)