Find Us On Social Media :

Agar Baterai Smartphone Tahan Lama

By intisari-online, Rabu, 30 November 2016 | 17:30 WIB

Agar Baterai Smartphone Tahan Lama

Intisari-Online.com - Smartphone memang menawarkan banyak fitur canggih yang dapat membantu Anda. Namun, hal itu sering terkendala satu hal: sulit menemukan baterai smartphone yang tahan lama. Umumnya, umur baterai smartphone Anda akan bertahan hingga 2-3 tahun. Nah, jika Anda Anda baru setahun membeli smartphone baru, namun baterainya sering cepat habis, jangan-jangan ada yang salah dalam cara merawat baterai Anda. Berikut ini langkah-langkah agar baterai smartphone tahan lama. 

1. Jangan menunggu sampai baterai sampai habis total

Jangan pernah membiarkan baterai Anda habis hingga mati total atau nol persen. Berbeda dengan baterai zaman dulu yang berbasis nikel, melakukan charge baterai li-ion atau li-polimer sampai smartphone mati total, hal itu justru akan memperburuk kualitasnya dan memperpendek umur baterai. Karena, dalam waktu yang sama, proses pengisian baterai dari 0-50% akan memakan daya yang lebih besar dibandingkan pengisian dari 50-100%.   2. Gunakan charger yang tepat

Walaupun smartphone Anda bisa menggunakan charger yang berasal dari merek lain, usahakan untuk tetap menggunakan charger aslinya. Hal tersebut untuk mencegah baterai terisi melebihi kapasitas yang bisa menyebabkan baterai meledak. Selain itu, charger bawaan smartphone saat ini biasanya sudah pintar. Beberapa diantaranya sudah mengusung fitur auto current cut, yakni memutus arus ke baterai ketika sudah terisi penuh.    3. Jangan melakukan isi ulang baterai hingga penuh Cara terbaik menjaga baterai smartphone bertahan lama adalah mencabut charger sebelum baterai benar-benar penuh dan menjaga baterai di sekitar angka 40-80%. Meski saat ini baterai smartphone sudah bisa menghentikan charge saat sudah terisi penuh, sebaiknya hindari berlama-lama melakukan charge karena bisa membuat baterai menjadi panas atau menggelembung.  (Baca juga: Isi Ulang Baterai Ponsel Lebih Cepat dengan USB 3.0)

4. Matikan saat melakukan charge

Semakin banyak cycle (charge, pakai, charge, pakai) akan semakin memperburuk kinerja baterai. Untuk itu, sebaiknya matikan perangkat saat baterainya diisi ulang atau setidaknya saat berada dalam mode sleep.    5. Hindari tempat panas. Sebab, salah satu musuh utama baterai li-ion dan li-polimer adalah panas. (Tribunnews)