Find Us On Social Media :

Pantau Pemilu Lewat Gadget

By Inasshabihah, Jumat, 14 Maret 2014 | 13:00 WIB

Pantau Pemilu Lewat Gadget

Intisari-Online.com. - Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sudah begitu pesat. Ada saja teknologi baru yang ditawarkan pada masyarakat. Hal ini direspon dengan baik. Buktinya, masyarakat kita seolah sudah imanen dengan gadget dan sinyal internet. Rasanya tak akan berguna bila gadget tak tersambung internet.Kemajuan teknologi memberikan ide kepada Aliansi Jurnalis Independen (AJI) untuk mengembangkan program pemantauan pemilu melalui gadget dan internet. Program yang dinamakan MataMassa ini dapat Anda jalankan hanya berbekal gadget dan sinyal internet, Jikapun tak terkoneksi dengan internet, Anda tinggal mengirim short message service (SMS) atau menelpon ke nomor MataMassa.(Baca juga: Anggota TNI dan Polri Boleh Ikut Pemilu Asal…)Langkahnya pun relatif mudah. Anda tinggal mencatat pelanggaran yang Anda lihat, dimana pelanggaran ada, kapan, bagaimana bentuknya, apakah poster, baliho, atau money politic, lalu sebutkan juga siapa nama caleg dan dari partai mana mereka. Apa saja yang termasuk pelanggaran sudah diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu. Dengan begini, Anda dapat melakukan pemantauan pemilu meski bukan menjadi bagian dari Bawaslu atau KPU, bukan?

Dewan Pengawas iLab Ahmad Suwandi menuturkan bahwa program MataMassa bukan barang baru. Sudah ada sebelumnya bentuk pelaporan kejadian menggunakan teknologi, misalnya pelaporan tindak kekerasan di Afrika sana. Baru sekarang inilah metode pelaporan real time untuk pemilu dikembangkan di Indonesia.(Baca juga: Cegah Caleg Gila di Pemilu 2014)Sudah banyak laporan yang masuk ke MataMassa, Namun, tak semua laporan lantas serta merta diproses. Tim verifikator akan mengecek lebih dulu kebenaran laporan.

Everybody inviting, tapi terverifikasi,” tegas Wandi.

MataMassa merupakan program AJI bekerja sama dengan iLab, Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Transparency International Indonesia (TI Indonesia), Southeast Asia Technology and Transparency Initiative (SEATTI), dan beberapa media massa baik berskala nasional maupun majalah kampus di Indonesia.