Find Us On Social Media :

Awas, Ada Virus Malware di Link Video Malaysia Airlines

By Axel Natanael Nahusuly, Selasa, 18 Maret 2014 | 19:00 WIB

Awas, Ada Virus Malware di Link Video Malaysia Airlines

Intisari-Online.com – Hati-hati dengan link video di situs media sosial. Saat ini sedang beredar video pesawat Malaysia Airlines yang hilang menyebarkan virus malware. Jangan klik link tersebut!

Beberapa laporan mengatakan bahwa link yang seakan-akan menampilkan pesawat Malaysia Airlines Penerbangan MH370 adalah penipuan.

Menurut laporan Wired U.K, link video itu biasanya berjudul “Malaysia Airlines missing flight MH370 found in sea, 50 people alive saved”, telah menyebar di situs media sosial seperti Facebook dan Twitter  Tapi masih ada berbagai kata-kata lain yang digunakan sebagai judul video tersebut. Maka dari itu berhati-hatilah membuka link yang berkaitan dengan hal tersebut.

Sebuah blog Hoax-Slayer.com memperingatkan untuk berhati-hati dengan link pesawat Malaysia Airlines yang hilang telah ditemukan di Segitiga Bermuda. Menurut seorang blogger, Barett M. Christensen, foto-foto yang digunakan untuk mempromosikan video itu adalah pesawat Lion Air yang mengalami kecelakaan di Bali, April 2013 lalu.(Baca juga:  Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang Terakhir Terlihat di Selat Melaka)

Pengguna Facebook yeng membuka link tersebut akan menemukan halaman berupa survei yang harus diisi, sebelum melanjutkan ke video. Christensen juga mengatakan bahwa link ini dirancang agar terlihat seperti sebuah survei Facebook yang meminta izin untuk dapat mengakses profile Anda.

Ketika Anda memberikan izin profil Anda untuk dapat di akses, data nomor telepon dan e-mail Anda pun akan dikirimkan berbagai penawaran peminjaman uang dari berbagai sumber.

Seorang juru bicara Facebook menjelaskan kepada CBS News bahwa mereka telah menghapus link tersebut. Spam atau sampah internet seperti ini merupakan pelanggaran di komunitas jejaring sosial. (cnet.com)